detikNews
Senin 23 September 2019, 20:19 WIB

Basarah Sebut Gibran Masih Berpeluang Maju Pilwalkot Solo Lewat DPP

Mochamad Zhacky - detikNews
Basarah Sebut Gibran Masih Berpeluang Maju Pilwalkot Solo Lewat DPP Gibran Rakabuming/Foto: Bayu Ardi Isnanto
Jakarta - Kesempatan Gibran Rakabuming Raka mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Surakarta sirna. Pasalnya, DPC PDIP Surakarta telah menutup proses penjaringan.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menjelaskan bahwa terdapat tiga pintu untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala daerah dari PDIP. Salah satu pintunya bisa melalui DPP PDIP.

"Dalam pendaftaran bakal calon itu pintu yang dibuka untuk bakal calon itu selain pintu DPC setempat yang akan melaksanakan pilkada, juga pintu pendaftaran bakal calon bisa melalui DPD partai setempat dan juga DPP," kata Basarah di kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2019).

Basarah menjelaskan, baik DPC dan DPD PDIP memang diberikan kewenangan untuk menjaring bakal calon kepala daerah. Namun tetap, dia menyebut keputusannya akan ditetapkan dalam rapat pleno PDIP.

"Jadi ada tiga pintu pendaftaran, bakal calon kepala daerah yang menyelenggarakan pilkada. Jadi, oleh karena itu DPC berhak membuka pendaftaran, DPD juga pendaftaran, begitu juga dengan keputusan akhirnya akan diputuskan dalam rapat pleno PDIP," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPC PDIP Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, memastikan telah menutup proses penjaringan bakal calon Wali Kota Surakarta di Pilkada 2020. Nama Gibran Rakabuming Raka tak akan ikut dikirimkan ke DPP PDIP untuk dimintakan rekomendasi.

Seperti diketahui, Gibran telah resmi menjadi kader PDIP setelah mendaftarkan diri ke DPC PDIP Surakarta siang tadi. Namun dia belum sempat memperoleh formulir untuk menjadi bakal calon wali kota dari PDIP.

Rudy mengatakan pasangan yang diusung DPC PDIP Surakarta adalah Purnomo-Teguh. Mereka merupakan hasil penjaringan internal partai.

"(Gibran) udah enggak ada kesempatan. Kita enggak buka pendaftaran. Kita penugasan partai, dan itu (Purnomo-Teguh) aspirasi lima anak ranting sampai PAC kok," kata Rudy saat ditemui di DPRD Surakarta, Senin (23/9).


Simak juga video "Jadi Kader PDIP, Gibran Isi Formulir Pilkada Solo 2020":

[Gambas:Video 20detik]


(zak/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com