detikNews
2019/09/23 17:20:25 WIB

Sidang Suap PLTU Riau-1

Sofyan Basir Revisi BAP soal Eni Saragih Cari Dana untuk Partai

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sofyan Basir Revisi BAP soal Eni Saragih Cari Dana untuk Partai Mantan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Mantan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir merevisi keterangannya di dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang menyebutkan pernah mendengar tentang 'kepentingan partai mencari dana'. Menurut terdakwa perkara suap terkait PLTU Riau-1 itu, keterangan itu sudah diubah.

Awalnya jaksa KPK membacakan keterangan Sofyan di dalam BAP ketika dirinya masih berstatus saksi untuk tersangka Eni Maulani Saragih. Keterangan Sofyan itu termasuk soal Johanes Budisutrisno Kotjo, pengusaha yang menyuap Eni.
Berikut isi BAP Sofyan yang dibacakan jaksa dalam sidang:

Bahwa terkait pembangunan proyek PLTU Riau-1, saudara Eni Maulani Saragih selaku anggota DPR dan Wakil Ketua Komisi VII DPR adalah sebagai penghubung saudara Johanes B Kotjo dengan saya sebagai Dirut PLN. Menurut penyampaian Eni Maulani, bahwa yang bersangkutan urusan bisnis. Sedangkan siapa yang menyuruh saudara Eni Maulani saya tidak tahu pasti, akan tetapi dari pembicaraan saya dan Eni Maulani untuk kepentingan partai mencari dana. Tetapi saya tidak tahu apakah Eni Maulani mendapatkan dari PLTU Riau-1

"Apakah benar?" tanya jaksa pada Sofyan yang duduk sebagai terdakwa dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2019).

"Surat BAP sudah diperbaiki. Saya sudah perbaiki," jawab Sofyan.
Jaksa pun menanyakan alasan Sofyan memperbaiki keterangannya itu. Sofyan mengaku tidak dalam tekanan penyidik saat memberikan keterangan, tetapi saat itu menurutnya keterangannya yang tertulis dalam BAP adalah versi penyidik.

"Kok ini sesuai penyidik, bukan saya. Maka saya minta perbaiki, tidak ngomong A B C," ucap Sofyan.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com