detikNews
2019/09/23 15:54:04 WIB

Kepala BNPB Jelaskan Kesulitan Padamkan Api di Lahan Gambut

Rolando Fransicus Sihombing - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kepala BNPB Jelaskan Kesulitan Padamkan Api di Lahan Gambut Kepala BNPB Doni Monardo (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menjelaskan sulitnya penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Menurut Doni, sebagian besar lahan yang terbakar berada di kawasan gambut dan sulit dipadamkan.

"Pertanyaannya kenapa sedemikian sulit mengatasi kebakaran hutan dan lahan? Sebagaimana yang tadi saya sampaikan bahwa gambut yang terbakar mendekati angka 90 ribu hektare per 31 Agustus yang lalu dari data yang saya kumpulkan, penjelasan dari Bapak Nasir Fuad, Kepala Badan Restorasi Gambut," kata Doni, saat jumpa pers, di gedung Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (23/9/2019).


Menurut Doni, gambut adalah fosil batu bara muda yang berusia ribuan tahun. Dia menyebut gambut mudah terbakar.

"Gambut ini adalah fosil batu bara muda yang sebagian besar fosil ini terdiri atas kayu-kayu yang sudah berusia ribuan tahun. Beliau juga mengatakan, pada masa Perang Dunia Kedua, Hitler pernah menggunakan bahan bakar untuk industri militer Jerman berasal dari gambut," ujar Doni.

"Oleh karenanya, dapat kita simpulkan bahwa gambut ini adalah bahan bakar yang mudah terbakar ketika kondisinya mengalami kekeringan. Sebagaimana yang kita saksikan berbagai pemberitaan bahwa sebagian besar kawasan gambut ini mengalami kekurangan air karena kemarau sangat panjang, beberapa daerah telah lebih dari 60 hari tanpa hujan," sambungnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com