detikNews
Senin 23 September 2019, 12:17 WIB

Miris! Ada Gunung Sampah 16 Meter di Tepi Sungai Ciliwung Cilebut Bogor

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Miris! Ada Gunung Sampah 16 Meter di Tepi Sungai Ciliwung Cilebut Bogor Gunung sampah di Kabupaten Bogor (Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Kabupaten Bogor - Lagi-lagi tumpukan sampah terekam kamera di Kabupaten Bogor. Kali ini tumpukan sampah itu berada di tepi Sungai Ciliwung yang berada di Desa Cilebut Timur, Sukaraja.

Awal mulanya tumpukan sampah itu diketahui dari unggahan seorang aktivis Komunitas Peduli Ciliwung, Suparno, dalam Instagram. Suparno menyebut tinggi 'gunung' sampah itu sampai 16 meter.

"Teman-teman, lagi-lagi ini adalah gunung sampah yang berada di bibir Sungai Ciliwung di Desa Cilebut Timur," kata Suparno dalam unggahan video di akun Instagram.




Setelahnya detikcom mengecek lokasi tersebut. Benar adanya lokasi 'gunung' sampah itu berada di belakang kompleks perumahan. Bau menyengat sampah langsung menusuk hidung.

Terlihat sampah rumah tangga berada di tumpukan itu. Sebagian besar sampah berupa plastik.

Miris! Ada Gunung Sampah 16 Meter di Tepi Sungai Ciliwung Cilebut BogorGunung sampah di Kabupaten Bogor (Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom)


Dalam takarir unggahan Suparno di @suparnojumar disebutkan 'gunung' sampah itu setinggi 16 meter. Berikut keterangan Suparno itu:

LAGI. Gunung sampah setinggi sekira 16m hampir saja berguguran ke sungai Ciliwung di desa Cilebut Timur, Kec. Sukaraja, Kab. Bogor.
.
Sempat ngobrol dengan warga, titik ini sudah terjadi sepuluh tahun lalu.
.
Ketika musim panas seperti saat ini, sampah dibakar. Sementara pemukiman di sekitar terganggu asap hasil pembakaran sampah. Bila musim hujan, bau dan banyak lalatnya.
.
Ada solusi memecahkan persoalan sampah di Kabupaten Bogor?
Pasti Ibu Bupati @ademunawarohyasin dan kita semua akan suka dengan solusi itu.

(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com