detikNews
2019/09/21 06:00:38 WIB

Doa Masuk Rumah Sesuai Sunah Agar Tak Digangggu Setan

Puti Yasmin - detikNews
Halaman 1 dari 3
Doa Masuk Rumah Sesuai Sunah Agar Tak Digangggu Setan Foto: Ilustrasi Denny Putra/detikcom
Jakarta -

Rumah menjadi tempat paling nyaman bagi setiap orang beristirahat. Nah, agar menjadi lebih berkah ada baiknya membaca doa masuk rumah, apalagi untuk yang baru menempati. Seperti apa doanya beserta artinya?

Setiap orang tentu ingin tinggal dalam kondisi nyaman di rumahnya tanpa ada gangguan baik dari orang jahat maupun jin mau pun setan. Berikut doa masuk rumah baru sesuai sunnah yang dirangkum detikcom:

1. Menyebut Nama Allah

Untuk menghindari gangguan dari jin atau setan saat masuk rumah, ada sunnah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam. Doa tersebut dilakukan agar setan dan jin tak bisa masuk ke dalam rumah.

Berdasarkan Hadis Riwayat Muslim nomor 2018, dari Jabir bin 'Abdillah, Rasulallah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda:

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Artinya: Jika seseorang memasuki rumahnya, lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), 'kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan'. Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya) 'saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam'. Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, 'Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam'.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com