detikNews
2019/09/20 20:45:59 WIB

Round-Up

Koalisi Seiya Sekata Dukung Jokowi di RUU KPK dan RUU KUHP

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Koalisi Seiya Sekata Dukung Jokowi di RUU KPK dan RUU KUHP Foto: Presiden Jokowi. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Jokowi meminta DPR menunda pengesahan RUU KUHP. Fraksi pro Jokowi di DPR mendukung sikap Jokowi itu.

Jokowi menyampaikan sikapnya soal pengesahan RUU KUHP itu di Istana Bogor, hari ini, Jumat (20/9/2019). Jokowi menilai ada sejumlah materi di RUU KUHP yang butuh dikaji lagi.

"Saya terus mengikuti perkembangan pembahasan RUU KUHP secara saksama. Dan setelah mencermati masukan-masukan dari berbagai kalangan yang berkeberatan dengan sejumlah substansi-substansi RUU KUHP, saya berkesimpulan, masih ada materi-materi yang butuh pendalaman lebih lanjut," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor.


Jokowi mengaku telah memerintahkan Menkum HAM Yasonna Laoly menyampaikan sikap pemerintah ke DPR.

"Saya telah perintahkan Menkum HAM untuk menyampaikan sikap ini pada DPR RI, yaitu pengesahan RUU KUHP agar ditunda. Dan pengesahannya tidak dilakukan oleh DPR periode ini," tuturnya.

Jokowi berharap DPR punya sikap yang sama dengan pemerintah soal pembahasan RUU KUHP ini. "Saya harap DPR juga punya sikap yang sama sehingga pembahasan RUU KUHP bisa dilakukan oleh DPR periode selanjutnya," ujarnya.

Fraksi PPP DPR RI mendukung sikap Jokowi itu. PP juga menyakini semua fraksi koalisi pemerintah akan mendukung.

"Nah tentu fraksi yang koalisinya masuk ke pemerintahan akan mendukung yang disampaikan presiden," kata Ketua Fraksi PPP DPR Arsul Sani kepada wartawan di kompleks DPR, Jumat (20/9).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com