detikNews
Jumat 20 September 2019, 06:48 WIB

Ini Manfaat Sedekah Hari Jumat

Lusiana Mustinda - detikNews
Ini Manfaat Sedekah Hari Jumat Ilustrasi sedekah (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Sedekah hari Jumat menjadi salah satu ibadah sunah yang dianjurkan. Sebab pada hari itu pahala sedekah akan dilipatgandakan. Rasulullah SAW seperti diriwayatkan Imam al-Syafi'i dalam kitab al-Umm memerintahkan umat Islam untuk memperbanyak selawat dan bersedekah.

"Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, 'Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar'. Nabi bersabda, 'Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan," tulis Imam al-Syafi'i dalam al-Umm, juz 1, hal. 239 seperti dikutip dari nu.or.id.

Keberkahan dari setiap perjalanan hidup umat manusia datangnya dari sedekah. Perbanyak sedekah bisa mendatangkan beberapa manfaat, salah satunya kesehatan. Sedekah merupakan kebaikan yang akan menyuburkan rezeki. Dikutip dalam buku berjudul Sedekah Bikin Kaya dan Berkah oleh Ubaidurrahim El Hamdy menjelaskan bahwa Ibnul Mandzur dalam kitab Lisanul 'Arab menjelaskan sedekah bermakna a'tha yang berarti memberi.

Berikut ini beberapa manfaat sedekah:

1. Pahalanya 10 kali lipat

Mengutip pendapatnya Imam As-Suyuthi yang ungkapkan dalam Kitab Khumasi dan dikutip oleh Sayyid Abdurrohman bin Muhammad dalam kitab Bughyatul Musytarsyidin halaman 107 dijelaskan bahwa yang pertama sedekah pahalanya 10 kali lipat. Ini jika sedekah diberikan kepada orang yang dalam keadaan sehat.

2. Pahalanya 90 kali lipat

Bersedekah kepada orang buta dan orang yang terkena musibah akan mendapatkan pahala 90 kali lipat.



3. Pahalanya 900 kali lipat

Manfaat sedekah dengan kerabat yang membutuhkan atau manfaat sedekah ke anak yatim akan mendapatkan pahala yang sangat besar yaitu 900 kali lipat.

4. Pahalanya 100 ribu kali lipat

Sedekah kepada kedua orang tua.

5. Pahala 900 ribu kali lipat

Sedekah kepada ulama atau fuqaha.


Dari berbagai manfaat sedekah menurut Islam, bersedekah tidak akan mengurangi harta. Rasulullah SAW bersabda:

"Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya." (HR. Muslim, No. 2588).

Jika tak ada uang, bisa bersedekah dalam bentuk apa?

Nabi Muhammad bersabda," Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu," (HR. Bukhari).

Tidak punya uang bukan berarti menjadi penghalang untuk bersedekah. Dengan cara ini, kamu juga bisa mendapatkan manfaat sedekah untuk kesehatan.




(lus/erd)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com