detikNews
2019/09/19 21:26:24 WIB

Kemenag Luncurkan Rangkaian Peringatan Hari Santri 2019

Dwi Andayani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kemenag Luncurkan Rangkaian Peringatan Hari Santri 2019 Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar peluncuran rangkaian peringatan Hari Santri 2019. Hari Santri ini akan berlangsung dengan tema 'Seribu Cahaya Santri untuk Perdamaian Dunia'.

Pantauan detikcom, peluncuran dilakukan di Auditorium HM Rasjidi, Balai Diklat Kemenag RI, Jl MH Thamrin, Kamis (19/9/2019). Acara ini dihadiri langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Selain itu, hadir Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman Mohammad Fachir, Ketua Komisi VIII Ali Taher. Peserta acara ialah santri-santri dan pimpinan pesantren dari berbagai daerah di Indonesia.


Lukman mengatakan penetapan Hari Santri ini merupakan pengakuan negara atas sumbangsih santri untuk negara. Tidak hanya itu, Lukman juga menyampaikan RUU Pesantren yang akan dilanjutkan dalam rapat paripurna oleh DPR.

"Penetapan hari santri adalah wujud manifestasi bahwa negara mengakui sumbangsih para santri," kata Lukman.

"Tidak cukup negara menetapkan hari santri, tapi juga beberapa jam yang lalu kami baru saja menuntaskan pembahasan tingkat pertama dan tercapai persetujuan terkait RUU Pesantren. Artinya akan naik ke paripurna untuk disahkan oleh seluruh anggota DPR," sambungnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com