detikNews
Kamis 19 September 2019, 21:10 WIB

Lolos Seleksi, Ini 3 Nama Calon Rektor Universitas Indonesia 2019-2024

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Lolos Seleksi, Ini 3 Nama Calon Rektor Universitas Indonesia 2019-2024 Foto: Jumpa pers MWA UI (Nur Azizah/detikcom)
Jakarta - Seleksi calon rektor Universitas Indonesia (UI) telah selesai untuk tahap presentasi di hadapan para panelis. Tiga nama calon rektor UI terjaring dari tujuh nama usai proses seleksi yang dilakukan hari ini.

"Tadi akhirnya dilanjutkan dengan rapat paripurna untuk menentukan dari tujuh tersebut, tiga calon rektor yang nanti akan maju ke tahap selanjutnya," kata Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI Saleh Husin di Sekolah Pascasarjana UI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2019).

Sebelum mengerucut menjadi tiga besar, ketujuh calon rektor UI mempresentasikan visi misi, rencana strategis, capaian UI serta gagasan mereka di hadapan 17 Anggota MWA UI serta tanya jawab dengan para panelis. Prof Roy Sembel, Prof Komaruddin Hidayat, Dr. Handry Satriago, dan Nadiem Anwar Makarim bertindak sebagai panelis hari ini.


Sebagai tahapan akhir pada proses pemilihan rektor, UI akan menggelar debat publik untuk tiga calon rektor UI di Kampus UI Depok pada 25 September 2019 mendatang. Penetapan rektor terpilih akan dilaksanakan hari itu juga.

"Agenda ini terbuka untuk umum dan diperkenankan bagi civitas akademika dan masyarakat umum untuk hadir dan turut menjadi saksi proses pemilihan rektor UI periode 2019 -2024. Demikian pula, penetapan Rektor UI terpilih akan dilakukan pada hari yang sama, yaitu 25 September 2019 usai pelaksanaan debat publik," jelas Saleh.

Sekretaris MWA UI Wiku Adisasmito menjelaskan ada tiga komponen penilaian dalam proses seleksi calon rektor UI hari ini. Ketiga komponen tersebut adalah presentasi, karakter, dan kompetensi, yang masing-masing memiliki bobot tersendiri.

"Penilaiannya menggunakan bobot. Bobot untuk presentasi pada hari ini adalah 60 persen, bobot untuk karakter adalah 20 persen, bobot untuk kompetensi adalah 20 persen," ungkap Wiku.

Lolos Seleksi, Ini 3 Nama Calon Rektor Universitas Indonesia 2019-2024Foto: Pemilihan rektor UI 2019-2024 (ist)

Wiku mengatakan dalam proses seleksi calon rektor dilaksanakan dengan transparan. Ketiga nama calon rektor terpilih secara akalamasi oleh semua anggota MWA.

"Proses pada saat menentukan angka dan memasukkan (nilai), semua anggota MWA menyaksikan dan semuanya secara aklamasi menilai itu semuanya sudah betul dan semuanya sepakat dengan nilai tersebut, dan dipilihlah tiga calon rektor terpilih tersebut," ucapnya.


Lebih lanjut, Wiku menjelaskan pertanyaan dalam debat publik akan diajukan oleh MWA, perwakilan Dewan Guru Besar, dan perwakilan dari Senat Akademik UI. Anggota MWA akan melakukan penilaian berdasarkan peraturan yang berlaku.

"Di dalam tata tertib pemilihan rektor, proses pemilihannya yang mungkin berbeda dengan universitas lainnya. Prosesnya yang pertama adalah melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat. Apabila itu tidak tercapai maka akan ada voting. Itu adalah tata tertibnya," jelas Wiku.

Setiap anggota MWA akan menilai sesuai kapasitas masing-masing. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir akan menjadi wakil pemerintah dalam memberikan suaranya untuk pemilihan rektor UI.

"Setiap anggota MWA pasti akan melakukan penilaian sesuai dengan kapasitas dan jumlah suaranya masing-masing, termasuk perwakilan pemerintah yaitu Menteri Ristekdikti. Dan dari situ nanti akan dilakukan penjumlahan dan akhirnya secara transparan akan kami sampaikan kepada publik hasilnya," tuturnya.

Berikut ini tiga nama calon Rektor UI itu:
1. Prof. Dr. rer. nat. Abd Harris
2. Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D
3. Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, MPH, SpOG(K)
(azr/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com