detikNews
Rabu 18 September 2019, 12:43 WIB

Olah TKP Kebakaran TPA Antang Makassar, Polisi Bakal Periksa Pengelola

Hermawan Mappiwali - detikNews
Olah TKP Kebakaran TPA Antang Makassar, Polisi Bakal Periksa Pengelola Kasatreskrim Polrestabes Makassar AKBP Indratmoko (Hermawan M/detikcom)
Makassar - Polisi merampungkan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Antang, Makassar, Sulsel. Polisi menelusuri penyebab kebakaran dengan mendatangi sejumlah blok TPA Antang.

"Kita cari di mana titik kebakaran, kita fokusnya (dalami) di sana," ujar Kasatreskrim Polrestabes Makassar AKBP Indratmoko di TPA Antang, Makassar, Rabu (18/9/2019).

Setelah olah TKP, polisi akan memeriksa sejumlah saksi, termasuk pengelola TPA Antang. Pengelola sebelumnya sudah dimintai keterangan tapi sebatas klarifikasi.




"Kita akan memeriksa pengelola terkait dengan langkah-langkah pencegahan, penanganan bencana seperti ini," kata Indratmoko.

"Saksi yang kita periksa kemarin masih bersifat permintaan keterangan, nah setelah (olah TKP) ini kita lakukan pemeriksaan lagi, mendalami penyebab kebakaran," imbuhnya.

Olah TKP kebakaran TPA Antang dimulai sekitar pukul 10.55 Wita. Rombongan bersama tim Inafis Polrestabes Makassar ini langsung mengunjungi sejumlah blok di TPA Antang.

Olah TKP ini berlangsung cukup lama. Di lokasi kebakaran, polisi juga mendengarkan keterangan pihak pengelola soal kronologi kejadian.

Kebakaran di TPA Antang terjadi pada Minggu (15/9) sekitar pukul 13.30 Wita. Kebakaran baru bisa dipadamkan belasan jam kemudian.

Meski sudah dipadamkan, titik api kerap muncul. Kebakaran dengan mudah menyebar karena api membara dari kedalaman sampah serta membesar ke area permukaan. Hal itu disebut sejumlah pihak diakibatkan tumpukan sampah yang mengandung gas metan serta faktor angin kencang.
(fdn/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com