detikNews
Rabu 18 September 2019, 10:09 WIB

Anies Ingatkan Pentingnya Program KB Bagi Keluarga di Jakarta

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies Ingatkan Pentingnya Program KB Bagi Keluarga di Jakarta Foto: Anies Baswedan (Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta -
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan pentingnya program Keluarga Berencana (KB) bagi keluarga. Anies mengaku selalu aktif dalam mengkampanyekan program tersebut.
"Jadi memang kegiatan keluarga berencana sangat penting, pas sekali kepala BKKBN kepala dokter kebidanan. Kami pribadi KB, sangat dekat. Nenek saya pendiri PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia)," kata Anies menutup Penggalangan TNI Manunggal KB Kesehatan Tingkat Provinsi DKI Jakarta, Kantor Dinas Pemadam Kebakaran, Jakarta Pusat, Rabu (18/9/2019).
Anies mengenang neneknya yang ikut berkampanye program KB pada tahun 1950-an. Menurutnya, saat itu program tersebut mendapat banyak penolakan.
"Tahun 50-an sesuatu yang asing. BKKBN baru ada tahun 70. Nenek saya anaknya 11, bicara KB sangat kredbel. Beliau bilang jangan alami apa yang saya alami," jelas Anies.



Anies berjanji akan datang bila diundang dalam acar terkait kampanye program KB. Dia menyinggung ikatan emosional dirinya dengan sang nenek yang gencar berkampanye program tersebut.
"Kalau ketemu KB saya akan datang, kalau misalnya ketemu nenek akan jawab, kami menjawab apa yang dijelaskan," jelasnya.
Terkait program KB, Anies mengatakan tantangannya bukan hanya soal keluarga baru. Tapi juga keluarga yang bermigrasi ke Jakarta.
"Tantangan kita bukan saja menjangkau keluarga yang tumbuh besar di Jakarta. Tapi juga keluarga yang bermigrasi ke Jakarta," tuturnya.
Anies siap membantu program KB tersebut dengan sinergi data. Warga akan dilibatkan dalam pengumpulan data kependudukan.
"Ke depan kita laksanakan, ujung tombak semua kegiatan yang bermuara di keluarga. Bahkan pengumpulan data, kita meminta bantuan dasawisma bantuan di wilayah," terangnya.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, perwakilan Kodam Jaya Jayakarta serta jajaran wali kota dan bupati di DKI Jakarta.



(fdu/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com