detikNews
Selasa 17 September 2019, 14:54 WIB

Polisi: Duit Pemprov Sumut Rp 1,6 M Dicuri, Tak Libatkan Orang Dalam

Budi Warsito - detikNews
Polisi: Duit Pemprov Sumut Rp 1,6 M Dicuri, Tak Libatkan Orang Dalam Mobil tempat menyimpan duit Rp 1,6 M milik Pemprov Sumut. Foto: Budi Warsito/detikcom
Medan - Pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan guna mengungkap pelaku di balik hilangnya uang Rp 1,6 miliar milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Dugaan sementara, peristiwa itu murni tindak pindana pencurian dan tidak melibatkan 'orang dalam'.

"Ini murni tindak pidana pencurian. Enggak ada keterlibatan oknum-oknum di jajaran Pemprov Sumut atau pun pejabat di sana," kata Wakasat Reskrim Kompol Aron Siahaan di Medan, Selasa (17/9/2019).


Hal itu diungkapkannya karena muncul asumsi di masyarakat bahwa hilangnya uang miliaran rupiah itu melibatkan oknum ASN di jajaran Pemprov Sumut. Namun, Kompol Aron masih enggan untuk membeberkan temuan-temuan dari penyelidikan yang dilakukan. Ia juga belum bisa memastikan kapan kasus pencurian tersebut terungkap.

"Namun yang jelas kasus ini sudah ada perkembangan lebih jauh," tandasnya.


Seperti diketahui, uang sebesar Rp 1,6 miliar milik Pemrov Sumut hilang dari dalam mobil Toyota Avanza warna silver BK 1875 ZC yang diparkirkan di halaman parkir Kantor Gubernur Sumut di Jalan Pangeran Diponegoro, Kecamatan Medan Polonia, Senin (9/9/2019) sekira pukul 17.05 WIB.

Uang yang diambil oleh ASN Pemprov Sumut, Budianto (40) warga Jalan Karya Dharma, Medan Johor dan honorer Biro Perbekalan Pemrov Sumut, Indrawan Ginting (36) warga Jalan Seriti 1 Perumnas Mandala, Kecamatan Percut Sei Tuan dari Bank Sumut itu, rencananya akan disalurkan sebagai honor kegiatan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah).



Tonton juga video Ngaku Kehilangan Duit, Pria Bertato Ini Nekat Curi Sekarung Biji Kakao:

[Gambas:Video 20detik]


(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com