detikNews
Selasa 17 September 2019, 05:47 WIB

Doa Hari Selasa agar Terhindar dari Bencana

Niken Widya Yunita - detikNews
Doa Hari Selasa agar Terhindar dari Bencana Ini Doa Hari Selasa agar Terhindar dari Bencana/Foto: istock
Jakarta - Bacaan doa tidak hanya untuk hari Jumat. Hari Selasa bacaan doa juga harus dipanjatkan. Seperti apa doa hari Selasa ?

Jika kita berdoa setiap Selasa pagi, Allah akan menjaganya dari berbagai bencana dan bala' yg datang pada hari itu. Bahkan hingga hari Selasa minggu depannya.
Selain itu banyak pula para Nabi meninggal pada hari Selasa, oleh karena itu kita dianjurkan untuk membaca doa tersebut.



Doa hari Selasa tersebut berbunyi:

اللهم يا كافي البلاء اكفنا البلاء قبل نزوله من السم ( يا الله) تكررها سبعا

"Allahumma ya kafiyal bala' ikfinal bala' qobla nuzulihi minas sama'. Bacaan tersebut diulang-ulang tujuh kali.

Artinya:

"Ya Allah, wahai Dzat Yang Maha Kuasa untuk menyelamatkan hamba-Nya dari segala bala' bencana, selamatkanlah kami dari bala bencana yg akan menimpa kami sebelum bala' bencana itu turun dari langit." Doa tersebut diulang-ulang tujuh kali.

اللهم يا عالم بما ينزل اكفنا الشر ما ينزل قبل ان ينزل حتى لا ينزل. (ثلاث مرات
Allahumma ya aalima bima yanzil, ikfina syarra ma yanzil qobla an yanzil hatta laa yanzil.
Artinya: Ya Allah, wahai Dzat Yang Maha mengetahui segala apa yg akan turun, selamatkanlah kami dari kejahatan yg akan turun, sehingga tidak turun. Doa tersebut diulang-ulang tiga kali.

اللهم يا عالم بما يكون اكفنا الشر ما يكون قبل ان يكون حتى لا يكون. . (ثلاث مرات).
Allahumma ya aalima bima yakun, ikfina syarra maa yakun qobla an yakun hatta laa yakun.
Artinya: Ya Allah, wahai Dzat Yang Maha mengetahui segala apa yg akan terjadi, selamatkanlah kami dari kejahatan yg akan terjadi, sehingga tidak terjadi. Doa tersebut diulang-ulang tiga kali.

Dalam Shahifah al-Fathimiyyah terdapat kumpulan doa sehari-hari yang dipanjatkan oleh Sayidah Fatimah az-Zahra, putri bungsu Nabi Muhammad. Pada hari selasa, disebutkan Fatimah memanjatkan doa. Berikut doanya:

اللَهُمَّ اجْعَلْ غَفْلَةَ النَّاسِ لَنَا ذِكْراً ، وَاجْعَلْ ذِكْرَهُمْ لَنَا شُكْراً ، وَاجْعَلْ صَالِحَ مَا نَقُولَ بِأَلْسِنَتِنَا نِيَّةً فِي قُلُوبِنَا ، اللَّهُمَّ إِنَّ مَغْفِرَتِكَ أَوْسَعَ مِنْ ذُنُوبِنَا ، وَرَحْمَتِكَ أَرْجَى عِنْدَنَا مِنْ أَعْمَالِنَا ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ ، وَوَفِّقْنَا لِصَالِحِ الأَعْمَالِ ، وَالصَّوَابِ مِنَ الْفِعَالِ

Allahummaj-'al ghaflatan naasi lanaa dzikra, waj'al dzikrahum lanaa syukra, waj'al shaaliha laa naquulu bialsinatinaa niyyatan fii quluubinaa, allahumma inna maghfirataka awsa' min dzunuubinaa, warahmataka arjaa 'indinaa min a'maalinaa, allahumma shali 'alaa muhammadin wa aali muhammadin, wawaffiqnaa lishalihil a'maali wash-shawaabi minal fi'aal.

Artinya; Ya Allah, jadikanlah lalainya manusia sebagai zikir bagi kami, dan jadikanlah zikir mereka sebagai syukur bagi kami dan jadikanlah kebaikan yang kami ucapkan memalui lisan kami sebagai niat dalam hati kami. Ya Allah, sesungguhnya ampunan-Mu lebih lebih luas daripada dosa kami dan rahmat-Mu lebih kamu harapkan dari amal kami. Ya Allah, sampaikan salat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya dan anugerahkanlah kami taufik supaya dapat mengerjakan amal dengan baik dan bertindak secara benar.



Selain doa hari Selasa, kita juga dapat berzikir. Berikut zikir hari Selasa:

Allahumma Solli 'ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'ala alihi wasohbihi wasalim.

Artinya: sholawat ke atas penghulu kami Muhammad dan pada keluarganya.




(nwy/lus)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com