detikNews
2019/09/16 11:02:22 WIB

Panja Selesai Bahas RUU KUHP, Dibawa ke Paripurna 25 September

Tsarina Maharani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Panja Selesai Bahas RUU KUHP, Dibawa ke Paripurna 25 September Anggota Panja dari F-NasDem Teuku Taufiqulhadi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Pembahasan RUU KUHP di tingkat panitia kerja (Panja) telah selesai. Anggota Panja dari F-NasDem, Teuku Taufiqulhadi, mengatakan RUU KUHP akan disahkan dalam rapat paripurna, yang diagendakan pada 25 September 2019.

"Hasil Panja ini akan dibawa ke Komisi III DPR untuk mendapat pandangan mini fraksi sebelum dibawa ke paripurna tanggal 25 September," kata Taufiqulhadi kepada wartawan, Senin (16/9/2019).



Ia menyebut penyelesaian RUU KUHP ini merupakan upaya 'dekolonialisasi' hukum nasional. Sebab, kata Taufiqulhadi, KUHP yang berlaku saat ini merupakan peninggalan Belanda dan sangat terasa karakter kolonialisasinya.

"Panja DPR RI berhasil menyelesaikan pembahasan RKUHP untuk menggantikan KUHP lama peninggalan kolonial. Dengan demikian, sebuah misi bangsa Indonesia untuk melakukan misi dekolonialisasi hukum pidana nasional sudah hampir selesai," ujarnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com