detikNews
Minggu 15 September 2019, 13:08 WIB

Ilham Habibie soal Video Xanana Cium Kening Ayahnya: Momennya Emosional

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Ilham Habibie soal Video Xanana Cium Kening Ayahnya: Momennya Emosional Ilham Habibie dan Xanana Gusmao (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Kedekatan Xanana Gusmao dan BJ Habibie menjadi sorotan setelah video Xanana mencium kening Habibie viral. Menurut putra Habibie, Ilham Habibie, momen itu memang emosional.

Ilham sendiri tidak melihat langsung momen video viral itu. Namun dia mendengar cerita dari mantan Presiden Timor Leste tersebut.

"Saya tidak hadir waktu kesempatan itu sehingga saya tidak tahu selain dari pada pak Xanana memang bermaksud untuk berkunjung ke bapak karena bapak sakit," kata Ilham Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jalan Raya Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2019).


Ilham tidak berkomentar banyak mengenai video yang viral tersebut. Tetapi dia mengatakan momen tersebut dipenuhi dengan rasa haru dari BJ Habibie dan Xanana Gusmao.

"Saya kira apa yang kita lihat di situ adalah emosi karena Pak Xanana seperti waktu itu diucap bapak sangat berterimakasih," sambungnya.



Hal tersebut terlihat dari pelukan yang saling diberikan oleh kedua tokoh tersebut. Menurutnya, video tersebut merekam momen yang saat emosional bagi BJ Habibie ataupun Xanana Gusmao.

"Banyak hal dan rasa terima kasih itu bersama dengan rasa sedih dan keharuan dalam bapak keadaan sakit itu membuat Pak Xanana sangat emosional. Dia peluk bapak, dan bapak juga memeluk balik. Memang emosional momennya," tutupnya.


Xanana Gusmao Ziarah ke Makam Habibie / Xanana Gusmao Berziarah ke Makam Habibie (Grandyos Zafna/detikcom)

Ilham Habibie bertemu dengan Xanana Gusmao pagi tadi di TMPNU Kalibata yang berziarah ke pusara BJ Habibie. Mereka berdua kemudian menaburkan bunga ke pusara BJ Habibie dan mendiang istrinya, Ainun Habibie.

Sebelumnya, video Xanana menjenguk dan mencium kening BJ Habibie saat masih hidup viral di media sosial. Momen itu terjadi di rumah sakit pada Agustus 2019. Awalnya, Xanana mengundang Habibie untuk menghadiri peringatan 20 tahun referendum Timor Leste pada 30 Agustus 2019. Namun Habibie tak bisa hadir karena sakit.
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com