detikNews
Jumat 13 September 2019, 18:22 WIB

Keluarga Bantah Broadcast 'BJ Habibie Donor Kornea ke Thareq Habibie'

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Keluarga Bantah Broadcast BJ Habibie Donor Kornea ke Thareq Habibie Thareq Kemal Habibie (Foto: dok. Antara Foto)
Jakarta - Dua hari setelah BJ Habibie meninggal, beredar pesan berantai (broadcast) bahwa Presiden RI ke-3 itu mendonorkan kornea matanya untuk putra bungsunya, Thareq Habibie. Broadcast itu pun ditepis keluarga.

Broadcast itu awalnya menyoroti penampilan Thareq Habibie yang selalu memakai penutup mata di sisi kanan wajahnya. Ainun disebut akan mendonorkan kornea ke Thareq, namun urung hingga akhirnya Habibie yang menjadi donor. Sebelum jenazah BJ Habibie dimakamkan, korneanya lalu diambil untuk Thareq.


Berikut ini isi broadcast yang sudah dipastikan hoax itu:

Thareq Kemal Habibie

Tampil di tv hingga pemakaman sang ayah, tetap dengan mata kanan ditutup. Kenapa...???

Pasti publik penasaran, ada apa dengan mata kanan putra kedua Presiden ke 3 RI itu?

Ini jawabannya; kornea mata kanan Thareq Kemal ternyata rusak. (Semenjak 12 thn silam). Tadinya kornea mata sang ibu, Hj Ainun Habibie yg akan didonorkan. Tp saat wafat 2010 silam, riwayat kanker yg menggerogoti tubuh Ibu Ainun membuat tim dokter urung melakukan operasi donor.
Nah, sang ayah, Prof BJ Habibie, semenjak 2016 lalu sudah mendaftar sbgai pendonor kornea matanya buat si bungsu Thareq.
Jadi, sebelum dikebumikan, tim dokter sdh mengambil kornea mata Alm BJ Habibie. Operasi kornea tdk harus sampai mencongkel biji mata.

Cinta Orang Tua Sepanjang jalan dan Cinta Anak Sepanjang Penggalah, dapat dimaknai Cinta Orang Tua kepada Anaknya Tiada Batas, sebaliknya Cinta Anak kepada Orang Tuanya Terbatas.

Betapa mulianya BJ Habibie, jasadnya saja masih bisa dijadikan amal Shaleh.

Bagaimana penjelasan keluarga?



Kakak Thareq, Ilham Habibie, menegaskan isi broadcast itu tidak benar. Thareq memakai penutup mata karena glaukoma dan tidak bisa menerima donor kornea mata.

"Itu tidak benar. Karena itu tidak bisa diselamatkan donor mata. Itu bukan kornea, itu masalah di belakang, di retina," kata Ilham kepada detikcom saat ditemui di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019).


Thareq Habibie / Thareq Habibie (Noval/detikcom)

Thareq memakai penutup mata sejak 3 tahun lalu. Ilham mengatakan adiknya itu mengalami glaukoma karena sakit diabetes. Dia menegaskan bahwa penyakit itu tak bisa langsung diobati dengan donor mata.

"Nggak bisa didonor itu. Itu penyakit mata. Gosip, hoax, karena secara medis tidak bisa. Tidak bisa misalnya kita ambil lain siapa pun, ganti, lalu sembuh, nggak bisa itu. Mata itu kompleks. Jadi nggak segampang itu," tegas Ilham.
(imk/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com