detikNews
Jumat 13 September 2019, 00:09 WIB

Uji Capim KPK

56 Anggota Komisi III Ikut Voting Capim KPK, Kertas Suara Dibagikan

Ibnu Hariyanto, Mochamad Zhacky - detikNews
56 Anggota Komisi III Ikut Voting Capim KPK, Kertas Suara Dibagikan Anggota Komisi III membagikan kertas suara untuk voting Capim KPK (Moch Zhacky/detikcom)
Jakarta - Setelah menggelar Rapat Pleno, Komisi III DPR menggelar voting untuk memilih capim KPK. Voting ini diikuti 56 orang anggota Komisi III.

Voting digelar di ruang rapat Komisi III, Komplek DPR/MPR, Kamis (12/9/2019). Setelah mengabsen para anggota Komisi III, kertas suara dibagikan kepada anggota Komisi III yang ada di ruangan.


Kertas dibagikan satu persatu dengan cara memanggil para anggota Komisi III. Setelah Ketua Komisi III DPR Azis Syamsudin memanggil nama, satu persatu anggota maju ke meja pimpinan untuk mengambil kertas voting.

Kertas dibagikan oleh Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa. Tampak di tengah ruang rapat ada sebuah kotak transparan yang nantinya akan dipakai untuk mengumpulkan kertas suara.

"Kertas suara akan dibagikan. Setelah memilih 5, akan memilih 1 lagi untuk ketua," kata Azis.

"Untuk caranya kita lingkari, kita beri waktu Bapak-Ibu untuk melingkari lima nama," sambungnya.


Sebelumnya, Komisi III telah menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Uji dilakukan selama dua hari.

Pada Rabu (11/9), lima orang capim KPK yang mengikuti fit and proper test yakni Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Sigit Danang Joyo, Nurul Ghufron, dan I Nyoman Wara. Sementara pada Kamis (12/9) lima capim KPK lainnya yang mengikuti fit and proper test yakni Alexander Marwata, Johanis Tanak, Luthfi Jayadi Kurniawan, Firli Bahuri, dan Roby Arya.
(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com