detikNews
2019/09/12 18:05:31 WIB

Ketua KPK: Konferensi Pers soal Firli Disetujui Mayoritas Pimpinan

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ketua KPK: Konferensi Pers soal Firli Disetujui Mayoritas Pimpinan Ketua KPK Agus Rahardjo (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua KPK Agus Rahardjo menyatakan konferensi pers yang disampaikan mengenai pelanggaran kode etik mantan Deputi Penindakan KPK Firli Bahuri adalah atas persetujuan mayoritas pimpinan KPK. Namun Agus tidak menampik bila dalam prosesnya terjadi dinamika.

"Saya ingin mengklarifikasi Pak Saut kemarin melakukan konferensi pers. Itu adalah persetujuan mayoritas pimpinan. Memang dalam prosesnya ada dinamika," ucap Agus dalam konferensi pers di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

"Itu bukan Pak Saut berjalan sendirian tapi persetujuan mayoritas pimpinan," imbuh Agus.




Agus menyampaikan hal itu bersama dengan 2 pimpinan KPK lainnya yaitu Saut Situmorang dan Laode M Syarif. Tidak tampak 2 pimpinan lainnya yaitu Alexander Marwata dan Basaria Pandjaitan.

Sebelumnya Alexander memang berada di DPR untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon pimpinan (capim) KPK periode 2019-2023. Alexander mengaku tidak tahu tentang konferensi pers pada Rabu, 11 September kemarin yang menyampaikan tentang pelanggaran kode etik Firli.

Dalam konferensi pers itu, Saut bersama penasihat KPK Tsani Annafari menyampaikan bila Firli melakukan pelanggaran kode etik berat. Perihal itu sempat menjadi tanda tanya Komisi III DPR dalam uji kelayakan dan kepatutan capim KPK lantaran Firli termasuk salah satu capim KPK yang mengikutinya.

"Artinya press conference itu tidak diketahui oleh seluruh pimpinan. Pak Agus ada di Jogja. Saya dan Bu Basaria sebenarnya di kantor. Tapi ya itu yang terjadi," ujar Alexander dalam uji kelayakan dan kepatutan capim KPK di Komisi III DPR.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com