detikNews
2019/09/12 15:58:40 WIB

Temui Mahasiswa Aksi, Penasihat KPK: Kita Menghadapi Periode Paling Sulit

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Halaman 1 dari 2
Temui Mahasiswa Aksi, Penasihat KPK: Kita Menghadapi Periode Paling Sulit Penasihat KPK temui mahasiswa. (Bil/detikcom)
Jakarta - Puluhan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi masih melakukan aksi di gedung KPK. Mereka ditemui Penasihat KPK Tsani Annafari dan penyidik Novel Baswedan.

Dalam orasinya, Tsani menyebut saat ini merupakan periode tersulit yang dialami KPK. Menurutnya, saat ini KPK dilemahkan dari 2 sisi.

"Kita memang menghadapi periode paling sulit. Saya mempelajari periode KPK tetapi ini paling sulit karena KPK dilemahkan dari dua sisi yang utama. Pertama, secara kelembagaan, melalui revisi Undang-Undang KPK, lembaga kita dilemahkan kemudian juga tata kelola organisasi ini dilemahkan dengan cara yang sangat sistematis," ujar Tsani di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

"Di saat yang sama dilakukan pelemahan, nanti orang-orang yang akan mengeksekusi ini sehingga nanti tidak ada pilihan, KPK nanti akan hancur luar dalam," imbuhnya.


Aksi mahasiswa diikuti puluhan mahasiswa dari Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, UNJ dan UGM. Mereka membawa spanduk dan poster yang menyatakan penolakan terhadap Revisi UU KPK.

Pada saat bersamaan, sekelompok orang juga melakukan aksi di depan gedung KPK. Mereka menyampaikan pendapat berlawanan dan mendukung Revisi UU KPK.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com