detikNews
2019/09/12 14:05:42 WIB

Dipimpin Jokowi, BJ Habibie Dimakamkan Secara Militer di TMP Kalibata

Audrey Santoso - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dipimpin Jokowi, BJ Habibie Dimakamkan Secara Militer di TMP Kalibata Jenazah BJ Habibie dimakamkan secara militer di TMP Kalibata. (Jefrie/detikcom)
Jakarta - BJ Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. Jenazah Presiden RI ke-3 itu dimakamkan secara militer.

Pantauan di lokasi, Kamis (12/9/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara pemakaman. Habibie dimakamkan tepat di sebelah makam istrinya, Hasri Ainun Besari.


Jenazah Habibie diangkut oleh 8 orang personel TNI/Polri. Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan 3 kepala staf angkatan TNI, yakni KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, serta KSAU Marsekal Yuyu Sutisna, yang menerima jenazah Habibie untuk dimakamkan secara militer.

Tabuhan drum band mengiringi jenazah Habibie saat dibawa masuk ke kompleks pemakaman. Kemudian turut dibacakan pula riwayat hidup Habibie hingga bintang jasa luar negeri dan tanda kehormatan kenegaraan yang pernah didapat semasa hidup.

"Saya Presiden RI atas nama negara bangsa dan TNI dengan ini mempersembahkan ke persada Ibu Pertiwi, jiwa raga dan jasa jasa almarhum, nama Prof Dr Ing H BJ Habibie. Jabatan Presiden ke-3 RI, putra dari Bapak Awi Abdul Jalil Habibie almarhum, yang telah meninggal dunia demi kepentingan serta keluruhan negara dan bangsa pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto karena sakit. Semoga jalan darma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri teladan bagi kita semua dan mendapat tempat yang semestinya di alam baka," ujar Jokowi saat upacara.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com