detikNews
2019/09/12 13:51:29 WIB

Kabut Asap di Riau Makin Pekat karena Kiriman dari Jambi

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kabut Asap di Riau Makin Pekat karena Kiriman dari Jambi Foto: Kabut asap di Pekanbaru makin pekat (Chaidir-detikcom)
Pekanbaru - Kabut asap pekat imbas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau semakin pekat. Kondisi ini diklaim merupakan tambahan asap kiriman dari provinsi tetangga.

"Kita akui Riau saat ini berasap karena Karhutla. Namun kondisi asap ini kian parah karena ada kiriman asap dari Jambi," kata Wadan Satgas Karhutla Riau, Edwar Sanger kepada detikcom, Kamis (12/9/2019).

Bila dirujuk dari pantauan titik panas melalui satelit Terra/Aqua hari ini di level confiden 50 persen, maka di Sumatera terdeteksi 1.316 hostpot. Dari jumlah itu, paling banyak terdeteksi di Provinsi Sumsel dengan jumlah 437. Selanjutnya Provinsi Jambi sebanyak 420 hotspot. Posisi Riau terdeteksi 279.

"Di level confidence 70 persen ditempat kita terdeteksi hanya 177. Kondisi Karhutla masih luas di Jambi ketimbang tempat kita," kata Edwar.



Menurut Edwar, bila Karhutla di Jambi terus membara, maka imbasnya asap mengarah ke Riau. Karena kondisi angin dari arah Jambi memasuki wilayah Riau.

"Jambi semakin membara, semakin banyak asap menuju ke tempat kita. Jika Jambi tidak ditangani Riau kembali berasap," kata Edwar.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com