detikNews
Kamis 12 September 2019, 09:59 WIB

Romo Magnis Kagumi Kepemimpinan dan Sikap Kesatria BJ Habibie

Eva Safitri - detikNews
Romo Magnis Kagumi Kepemimpinan dan Sikap Kesatria BJ Habibie BJ Habibie (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Franz Magnis Suseno merasakan dukacita yang mendalam atas kepergian Presiden RI ke-3 BJ Habibie. BJ Habibie dianggap sebagai orang paling mengesankan baginya.

"Bagi saya, Habibie adalah salah satu orang paling penting, paling mengesankan yang pernah saya temukan dalam hidup saya, saya bersyukur bahwa bisa diajak beliau bangun hubungan pribadi," ujar Romo Magnis, usai melayat ke rumah duka BJ Habibie, Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).



Romo Magnis membanggakan sikap kepemimpinan BJ Habibie. Terlebih lagi saat BJ Habibie menggantikan Presiden Soeharto dalam masa krisis moneter. Menurutnya, BJ Habibie bisa membawa Indonesia lebih baik saat itu.

"Pak Habibie itu yang menempatkan Indonesia, dalam situasi yang gawat dan terancam dan berbahaya, ke jalur yang tepat, membuka Indonesia bagi demokrasi, juga membuka pintu rumah tahanan-tahanan politik, memungkinkan hak asasi manusia mendapat kedudukan yang kuat," ucapnya.

Baginya yang paling mengesankan adalah keberanian BJ Habibie. Romo Magnis bercerita BJ Habibie begitu berani ketika merelakan Timor Timur merdeka.

"Dan yang saya anggap sangat penting, beliau punya keberanian untuk menawarkan kepada Timor Timur, yang sudah lebih 20 tahun diduduki menyatakan pendapat mereka dan Indonesia merelakan mereka mencapai kemerdekaan," katanya.



Romo Magnis juga mengenang sikap kesatria BJ Habibie. Ia berharap BJ Habibie bertemu dengan sang istri Hasri Ainun Besari dan mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.

"Saya juga kagum dengan cara kesatria dan elegan Pak Habibie mengundurkan diri dari kedudukan sebagai presiden sesudah MPR tidak menerima laporannya. Ia memberi contoh bagus bagaimana seseorang menangaani kekuasaan, supaya sekarang bertemu dengan istri terkasih Bu Ainun dan berada dalam kedamaian dan kegembiraan Tuhan," tuturnya.




Mengenang Lika-liku Karir Politik BJ Habibie:

[Gambas:Video 20detik]


(eva/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com