detikNews
Kamis 12 September 2019, 01:10 WIB

Jamu Mahasiswa Papua, Walkot Banda Aceh Pimpin Doa untuk BJ Habibie

Agus Setyadi - detikNews
Jamu Mahasiswa Papua, Walkot Banda Aceh Pimpin Doa untuk BJ Habibie Mahasiswa dari Papua. (Foto: Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menjamu makan malam mahasiswa dari Papua yang kuliah di Tanah Rencong. Dalam acara tersebut, Aminullah mengajak semua tamu berdoa untuk BJ Habibie.

Kegiatan silaturrahmi dan makan malam wali kota Banda Aceh bersama Forkopimda dengan Himpunan Mahasiswa Papua (Himapa) digelar di Pendopo Wali Kota, di Blang Padang, Rabu (11/8/2019) malam. Acara yang diawali makan bareng ini dikemas secara santai.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0101/BS Kolonel Inf Hasandi Lubis, Kapolresta Banda Aceh Kombes Trisno Riyanto, Kabinda Aceh Brigjen TNI Cahyono Cahya Angkasa, Kepala Bagian Duk Ops Binda Aceh Iqbal Sugiharto serta sejumlah pejabat. Para mahasiswa dari ujung timur ini hadir ke lokasi dengan bus dan menggunakan seragam merah marun.



Walkot Aminullah di akhir sambutannya menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya BJ Habibie sore tadi. Aminullah kemudian mengajak semua tamu untuk berdoa berdasarkan agama masing-masing.

"Kita turut berduka cita atas berpulangnya ke Rahmatullah Bapak Prof BJ Habibie, Presiden Indonesia ke-3. Semoga beliau diterima di sisi Allah SWT. Dan mari kita sama-sama menyedekahkan doa kepada beliau menurut agama kita masing-masing," kata Aminullah.

Warga beragama muslim kemudian membacakan Al-Fatihah. Mereka semua menundukkan kepala dan berdoa. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah.



Menurut Aminullah, kegiatan yang digelar malam ini menjadi langkah awal untuk membangun silaturahmi besar Sabang-Merauke melalui Himapa. Silaturahmi yang sudah terwujud tersebut, jelasnya harus dirawat dengan baik.

"Tadi mahasiswa dari Papua minta keamanan, kita sudah dengar bersama itu sudah jaminan pak Kapolres, Dandim dan Aceh pun khususnya Banda Aceh daerah teraman dalam hal konflik perbedaan suku, agama sehingga tidak perlu diragukan," jelas Aminullah.

"Dan saya selaku wali kota berada di garda terdepan untuk melindungi mereka," bebernya.


Simak Video "Momen Jokowi Melayat BJ Habibie di RSPAD"

[Gambas:Video 20detik]


(agse/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com