detikNews
Rabu 11 September 2019, 09:24 WIB

Sandi Dipastikan Balik ke Gerindra, PAN: Spekulasi Pindah Partai Dihentikan

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Sandi Dipastikan Balik ke Gerindra, PAN: Spekulasi Pindah Partai Dihentikan Foto: Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay (Lamhot Aritonang-detikcom).
Jakarta - Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay menghormati keputusan Sandiaga Uno yang disebut akan kembali bergabung ke Gerindra. Saleh meminta berbagai spekulasi yang menyebut Sandi akan berpindah partai salah satunya ke PAN dihentikan.

"Sebagai warga negara, Sandiaga Uno berhak menentukan pilihan dan sikap politiknya. Termasuk untuk kembali lagi ke Gerindra, yang belakangan disebutnya bahwa belum pernah menyerahkan KTA. Fakta ini menunjukkan bahwa, kembalinya Sandi ke Gerindra akan lebih mudah," ujar Saleh, Rabu (11/9/2019).

Saleh mengungkapkan, Sandi yang belum pernah menyerahkan KTA Gerindra berarti tidak pernah keluar dari Gerindra. Saleh menangkap isyarat-isyarat dari Sandi bahwa eks Wagub DKI Jakarta itu memang masih di Gerindra.

"Berkenaan dengan itu, sudah sebaiknya spekulasi yang mengatakan Sandi akan pindah partai dihentikan. Apalagi Sandi telah mengklarifikasi bahwa belum pernah menyerahkan KTA dan ada keinginan sementara untuk beristirahat dari politik. Klarifikasi ini jelas mengisyaratkan bahwa Sandi memang masih ada di Gerindra" kata Saleh.


Saleh menyebut PAN dan Sandiaga memiliki hubungan yang sangat dekat. Terlebih saat kampanye Pilpres lalu Ketum PAN hingga jajaran pengurus PAN sering melakukan kampanye bersama-sama dengan Sandi.

"Kita hormati pilihan politiknya. Semoga pilihan tersebut adalah pilihan terbaik yang dapat membawa kesuksesan bagi karier politik Sandi ke Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menyatakan Sandiaga Uno bakal kembali bergabung ke partai berlambang kepala garuda merah itu. Ia mengatakan kembalinya Sandi ke Gerindra kemungkinan akan diumumkan saat rakernas partai.

"Yang saya dengar beliau (Sandi) akan bergabung dengan Gerindra. Insyaallah dalam waktu dekat," kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9).

Sementara itu, saat dikonfirmasi Sandi mengatakan hingga kini belum ada pembahasan lebih lanjut soal keputusan dirinya kembali ke Gerindra.

"Saya tunggu pembicaraan lebih lanjut. Saya sendiri ingin sementara waktu istirahat dulu secara politik," kata Sandi seusai peluncuran buku 'Arah Baru Kebijakan Kesejahteraan Indonesia' karya Fahri Hamzah di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9).


Ia pun mengatakan akan bertemu dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto untuk membicarakannya. Hingga saat ini, Sandi mengaku masih ingin beristirahat dari dunia politik setelah kalah dalam Pilpres 2019.

"Nanti setelah agenda, tentu saya akan bicarakan dengan Pak Prabowo," ujarnya.
(nvl/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com