detikNews
2019/09/11 09:11:25 WIB

ICW: Anggota DPRD Gadai SK Bisa Picu Korupsi Modus Baru

Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
ICW: Anggota DPRD Gadai SK Bisa Picu Korupsi Modus Baru Peniliti ICW Donal Fariz (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai alasan anggota DPRD menggadaikan Surat Keputusan (SK) agar tidak melakukan korupsi tak masuk akal. ICW menyebut malah akan berpotensi terjadi korupsi modus baru.

"Nggak ada jaminan (tidak akan korupsi) justru bisa memicu korupsi modus baru dengan pembayaran cicilan dilakukan oleh pihak ketiga yang berkepentingan," kata peneliti ICW Donal Fariz saat dihubungi, Rabu (11/9/2019).



Donal mengatakan belum ada jamin bila anggota DPRD itu yang menggadaikan SK-nya itu akan membayar cicilannya sendiri. Ia khawatir cicilan di penggadain itu dimanfaatkan para anggota DPRD itu untuk bermain proyek dengan pihak ketiga.

"Apakah itu ketika menggadaikan SK memilih dari pada korupsi, tidak ada jaminan juga. Karena beberapa yang terjadi sangat mungkin juga pihak ketiga yang bayar cicilan dari yang dia pinjam ke bank. Terlihat tidak korupsi tapi ada pihak ketiga yang membayarkan ini metode yang halus. karena belum tentu dia yang bayar cicilan per bulan bisa jadi pihak ketiga yang berhubungan dengan proyek-proyek pemerintah," ujarnya.

Sebab, menurut Donal dengan modus itu akan lebih sulit untuk diketahui dari pada menerima uang suap secara langsung. Selain itu, Donal menilai cara pembayaranya uang suap dengan modus membayar cicilan SK yang digadaikan dinilai lebih mudah.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com