detikNews
2019/09/11 08:52:41 WIB

Hakim Roki dan Ketukan Palu Merampas Harta Bupati Korup Rp 30,5 Miliar

Andi Saputra - detikNews
Halaman 1 dari 4
Hakim Roki dan Ketukan Palu Merampas Harta Bupati Korup Rp 30,5 Miliar Roki Panjaitan (andi/detikcom)
Jakarta - Pengadilan Tinggi (PT) Palangka Raya merampas harta eks Bupati Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng), Ahmad Yantenglie sebesar Rp 30,5 miliar dirampas negara. Yantenglie dinyatakan secara sah terbukti korupsi APBD yang pakai untuk keperluan pribadi, seperti membeli kebun sawit dan sebagainya.

"Menghukum terdakwa H Ahmad Yantenglie bin Desie Uga untuk membayar uang pengganti Rp 30.582.536.065,32, sebagai pengganti kerugian negara," kata ketua majelis banding, Roki Panjaitan dalam keterangannya, Rabu (11/9/2019).

Sidang itu digelar pada Senin (9/9) kemarin. Duduk sebagai anggota Bambang Widiyatmoko dan Andreas Eno Tirtakusuma.
Hakim Roki dan Ketukan Palu Merampas Harta Bupati Korup Rp 30,5 MiliarAhmad Yangtenglie (edo/detikcom)

"Dengan ketentuan jika terpidana tidak membayar uang pengganti tersebut selama 1 (satu) bulan sesudah putusan pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap, harta bendanya dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut. Dan jika terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut maka dipidana penjara selama 8 tahun," ujar Roki.

Adapun untuk pidana pokok, Yantenglie dihukum 10 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsidair 6 bulan kurungan. Yantinglie dinyatakan terbukti korupsi terkait raibnya dana APBD sebesar Rp 35 miliar.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com