detikNews
2019/09/10 15:41:41 WIB

Remaja Asal Asahan Alami Kebutaan, Ngaku Keseringan Main Game Online

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Halaman 1 dari 2
Remaja Asal Asahan Alami Kebutaan, Ngaku Keseringan Main Game Online Surya Utama (19), remaja asal Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut), alami kebutaan. (Foto: Khairul Ikhwan Damanik/detikcom)
Medan - Surya Utama (19), remaja asal Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut), mengalami kebutaan diduga karena terlalu sering main game online di handphone. Aktivitas main game itu bisa dilakukan Surya lebih dari lima jam dalam sehari.

Surya kini harus dituntun saat berjalan. Matanya tidak bisa melihat lagi. Didampingi ayahnya, Supardi (57), Surya melakukan pemeriksaan mata di Rumah Sakit Khusus Mata, Sumatera Eye Centre (Smec), Jalan Iskandar Muda, Medan, Selasa (10/9/2019).

Dikatakan Surya, kebutaan yang dialaminya berlangsung sejak akhir Mei 2019. Surya menyatakan, awal mula matanya mendadak merah, dan sehari berikutnya pandangannya mulai mengabur, dan hari berikutnya berangsur tak bisa melihat sama sekali.



Surya menduga kerusakan matanya kemungkinan besar akibat keseringan main game di handphone yang dilakoninya sejak 2018. Menurut pengakuannya, ada tiga game yang sering dimainkan, yakni Mobile Legend, PUBG, dan Free Fire.

"Sehari bisa lima, terkadang tiga jam saja. Bisa main game sampai jam dua atau jam tiga pagi," kata Surya.

Kondisi matanya sudah beberapa kali diperiksakan ke dokter. Sejauh ini Surya baru diberi obat tetes mata, namun belum sampai tahap operasi.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com