detikNews
2019/09/10 10:00:53 WIB

2 Ribu Hektare Lahan Terbakar, Udara di Palembang Tidak Sehat!

Raja Adil Siregar - detikNews
Halaman 1 dari 2
2 Ribu Hektare Lahan Terbakar, Udara di Palembang Tidak Sehat! Foto: Udara di Palembang tidak sehat karena asap karhutla. (Raja Adil Siregar/detikcom).
Palembang - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera Selatan tercatat mencapai dua ribu hektare sepanjang tahun 2019. Bahkan hari ini udara di Kota Palembang tidak sehat.

"Dari pengamatan atau observasi cuaca yang dilakukan di BMKG Stasiun SMB II Palembang selama kurun waktu 24 Jam pada 9 September didapati kondisi cuaca didominasi asap," kata Kasie Observasi dan Informasi stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Bambang Beni Setiaji kepada wartawan, Selasa (10/9/2019).


Selain asap, kelembapan udara disebut antara 45-95 persen, temperatur antara 23-35 derajat celcius. Sementara angin dari Tenggara dengan kecepatan 5-20 Knots (9-37 Km/Jam). Kekeruhan udara atau asap mengandung partikel-partikel kering menyebabkan jarak pandang berkisar antara 1.000-8.000 meter.

"Indikasi dari asap ini selain mengurangi jarak pandang yakni bau asap yang khas, perih di mata, sesak pernafasan. Selain itu matahari juga akan berwarna oranye kemerahan sore hari dan ini disebabkan pembiasan cahaya matahari oleh polutan yang terdapat di atmosfer," ucap Bambang.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com