detikNews
Senin 09 September 2019, 12:45 WIB

Bela Diri saat Dianiaya, Istri Kapak Suami di Dharmasraya

Ferdinan, Jeka Kampai - detikNews
Bela Diri saat Dianiaya, Istri Kapak Suami di Dharmasraya ILUSTRASI/Foto: Ari Saputra
Dharmasraya - Perempuan berinisial SA ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan suaminya. SA membacok kepala suaminya Thenzeko Nduru menggunakan kapak untuk membela diri saat dianiaya suami.

"Suami marah-marah ambil kapak, dia berusaha menganiaya istrinya lagi. (Kapak) kemudian ditangkap istrinya saat berebut, istri langsung mengkapak suaminya," ujar Kapolres Dharmasraya AKBP Imran Amir saat dihubungi, Senin (9/9/2019).

Pembunuhan ini terjadi pada 23 Juni 2019. Kasus baru terungkap setelah polisi menindaklanjuti informasi dari warga hingga akhirnya menangkap pelaku SA.

Saat kejadian, suami SA menurut Imran datang ke rumah dalam kondisi mabuk pada sore hari. Suami SA lantas memukul anak perempuan berusia 5 tahun di teras rumah.




"Dia (suami SA) datang ke belakang nyari istrinya yang lagi mencuci. Karena posisi suami lagi mabok, dia ambil parang dia mau bacok istrinya. Istri ketakutan dan lari ke rumah tetangga," sambung Imran.

Setelahnya sekitar pukul 21.00 WIB, SA kembali ke rumah. Suami SA yang masih dalam keadaan mabuk kembali mencoba menganiaya SA sambil memegang kapak.

SA berusaha merebut kapak dari tangan suaminya hingga akhirnya membacok kepala suaminya

"Habis dibacok, suami roboh sampai akhirnya meninggal dunia. Kemudian istri pergi ke belakang bawa cangkul mau menguburkan suaminya," sambung Imran.

Dari pengakuan SA kepada polisi, SA meminta bantuan anak lelakinya untuk menggali tanah di belakang rumah sebagai kuburan suami SA.

"Yang bersangkutan kalut, tapi dia berusaha mengubur," kata Imran.

Peristiwa ini baru diketahui 2 bulan kemudian setelah warga melaporkan tidak pernah melihat suami SA di rumah. SA pun ditangkap.

Polisi kemudian menggali kuburan suami SA di belakang rumah. Dari hasil sementara tim forensik, diketahui ada luka benda tajam di tengkorak kepala korban.

"Pelaku dijerat Pasal 338," sebut Imran.




Tonton juga video Pria di Kendari Aniaya dan Rampas Barang Milik Mantan:

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com