detikNews
Selasa 03 September 2019, 11:53 WIB

5 Fakta Anjing Belgian Malinois yang Serang ART hingga Tewas

Virgina Maulita Putri - detikNews
5 Fakta Anjing Belgian Malinois yang Serang ART hingga Tewas 5 Fakta Anjing Belgian Malinois yang Serang ART hingga Tewas (Foto: ABC News)
Jakarta -

Seekor anjing Belgian Malinois menyerang seorang pembantu rumah tangga hingga tewas di kawasan Cilangkap, Jakarta Timur. Peristiwa ini terjadi pada Jumat (30/8) sekitar pukul 19.00 WIB.

Korban yang diketahui bernama Yayan diserang anjing tersebut ketika hendak membersihkan kandangnya. Anjing tersebut juga menyerang anak majikan yang hendak membantu korban.



Lantas, bagaimana sifat dan karakteristik anjing Belgian Malinois? Berikut ini 5 fakta tentang anjing Belgian Malinois yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Asal-usul Nama Malinois

Anjing Belgian Malinois memiliki ukuran sedang hingga besar. Anjing ini kadang digolongkan sebagai jenis anjing tersendiri dan kadang dimasukkan ke varietas anjing gembala Belgia (Belgian Shepherd).

Anjing ini berasal dari Kota Mechelen di Belgia. Nama 'Malinois' berasal dari bahasa Prancis yang digunakan untuk menyebut Mechelen.

2. Karakteristik Fisik

Karena dibesarkan untuk menjadi anjing pekerja, anjing Belgian Malinois memiliki penampilan fisik yang bervariasi. Warna yang biasa ditemukan di anjing Malinois murni adalah cokelat kekuningan hingga mahoni dan cokelat dengan 'topeng' dan telinga berwarna hitam.

Di bagian ujung rambut juga terlihat warna hitam, yang memberikan tampilan overlay.

Anjing Malinois jantan berukuran tinggi 61-66 cm dengan berat badan rata-rata 25-30 kg. Adapun anjing Malinois betina berukuran tinggi 56-61 cm dengan berat badan rata-rata 20-25 kg.



3. Temperamen

Anjing Malinois yang dididik dan dibesarkan dengan baik biasanya memiliki perilaku yang aktif, cerdas, ramah, protektif, sigap, dan pekerja keras. Anjing ini biasanya memiliki tingkat energi yang paling tinggi dibanding jenis anjing lainnya.

Jenis anjing ini biasanya cukup mudah untuk dilatih karena mudah didorong dengan 'hadiah'. Tapi jika tidak diberi latihan fisik yang cukup, mereka bisa menjadi ganas dan neurotik.

4. Anjing Pekerja

Di beberapa negara, anjing Malinois dikembangbiakkan untuk menjadi anjing penjaga. Jenis anjing ini digunakan sebagai anjing penjaga oleh United States Secret Service dan Royal Australian Air Force.

Selain itu, anjing Malinois biasa dididik untuk menjadi anjing pelacak atau K-9. Bahkan, di Afrika Selatan, anjing ini digunakan untuk melawan perburuan liar badak di Kruger National Park.

5. Penyakit yang Biasa Diderita

Rata-rata rentang usia anjing Malinois adalah 10-12 tahun. Penyakit yang biasa diderita anjing Malinois Belgia antara lain katarak, epilepsi, tiroid, displasia pinggul, dan pannus.


(vmp/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com