detikNews
Senin 02 September 2019, 08:03 WIB

Kesenian Budaya dari Sabang hingga Merauke Bakal Tampil di Monas

Akfa Nasrulhak - detikNews
Kesenian Budaya dari Sabang hingga Merauke Bakal Tampil di Monas Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Tanah Air Indonesia, dari Sabang hingga Merauke memiliki banyak sekali budaya yang sangat menarik dan juga unik. Demi membangkitkan kembali semangat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini, beberapa kesenian tradisional bakal tebar pesona menyapa warga Jakarta.

Bertajuk Merajut Nusantara, event pagelaran budaya ini akan digelar di Silang Monas Timur (Pojok), Jakarta Pusat, Senin (2/9/2019). Dikemas dalam bentuk budaya lewat tarian dan lagu khas, karena memang melalui budaya dapat mempersatukan bangsa.

Budaya yang ditampilkan mewakili atau medley dari Sabang sampai Merauke. Terdapat 3 medley kesenian tradisional mewakili beberapa daerah di Indonesia yang bakal memeriahkan kegiatan ini. Seperti Tari Kecak, FU Papua (tiup kerang), Dayak dan Udog, Ratoh Jaro, Tari Rampak Gendang dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan NTT. Masih ada lagi, kesenian Pakarena, Gaba gaba Maluku, Marbona Taon Batak dan Japin Melayu.

Event tersebut semakin meriah karena akan diisi oleh musisi nasional seperti Candil, Netral, The Rain, Kikan hingga Fathin. Selain itu, bintang tamu dari Papua seperti Edo Kondologit, Nobo Sasamu, Vien, hingga Nowela jebolan dari Indonesian Idol.

Event ini akan semakin hangat dengan dipandu oleh pembawa acara yang atraktif seperti Yosi, Nirina, Ria Ricis, Ellen Aragay, Ari Kriting dan Ari Daging. Menariknya, seluruh pengisi acara menggunakan pakaian adat nusantara dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada akhir acara, akan tampil seluruh pengisi acara yang akan menarasikan walaupun berbeda-beda namun satu Indonesia. Hidup rukun berdampingan dan mengajak saudara-saudara Papua serta seluruh suku bangsa di Indonesia damai di negeri Indonesia.

Penasaran akan meriahnya pencampuran beragam budaya dari Sabang sampai Merauke dalam satu event? Saksikan live streamingnya di detikcom pukul 20.00-21.30 WIB. Selain itu, secara off air, kegiatan ini digelar sejak pukul 18.30 WIB.
(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com