detikNews
Senin 26 Agustus 2019, 08:06 WIB

Laporan Dari Madinah

342 Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia

Ardhi Suryadhi - detikNews
342 Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Madinah, dr Edi Supriyatna MKK. Foto: Triono Wahyu Sudibyo/detikcom
Madinah - Jumlah jemaah haji yang tutup usia di Tanah Suci terus meningkat. Saat ini angkanya sudah mencapai 342 jemaah per tanggal 26 Agustus 2019.

Dalam catatan detikcom, jumlah korban wafat ini melonjak drastis pasca rangkaian puncak haji Armuzna: Arafah, Muzdalifah dan Mina. Sebab sebelum fase Armuzna atau di tanggal 9 Agustus 2019, jumlah korban meninggal sebanyak 101 jemaah.


Kemudian angka itu bertambah menjadi 151 korban wafat pada 14 Agustus 2019 dan kini sudah berada di angka 342 jemaah yang meninggal seperti dilaporkan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji (Siskohat) Kementerian Agama.

Menurut dr Edi Supriyatna MKK, Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Madinah, jumlah kematian yang tinggi saat ini atau pasca puncak haji sebagian besar dipicu oleh kelelahan.

"Itu yang disebut fatigue death," ujarnya saat dihubungi detikcom.


Para jemaah haji RI yang meninggal dipastikan bakal dikubur di Tanah Suci, tak ada yang dipulangkan ke Indonesia. Mereka dimakamkan di dua lokasi berbeda.

Jika jemaah meninggal di Jeddah atau Mekah maka bakal dikebumikan di pemakaman umum Soraya. Sementara jika meninggal di Madinah akan dikubur di Baqi, yang berlokasi di sebelah masjid Nabawi.

Di sisi lain, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) terus menggenjot pemulangan jemaah ke Tanah Air. Sampai saat ini jemaah yang sudah dipulangkan mencapai 60.435 orang.

Hampir semua jemaah diterbangkan dari bandara King Abdulaziz, Jeddah. Segelintir di antaranya -- yang berasal dari rombongan haji khusus -- sudah bertolak dari bandara Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah.

Sementara rombongan haji reguler gelombang II baru akan dipulangkan ke Indonesia mulai 30 Agustus langsung dari Madinah. Seluruh jemaah haji Indonesia - baik gelombang I dan II - diperkirakan bakal kembali ke Tanah Air pada 17 September 2019.



Tonton video Jemaah Haji Berlomba-lomba Umrah Tambahan:

[Gambas:Video 20detik]


(ash/aan)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com