detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 17:44 WIB

Wagub: Papua Barat Kondusif dan Aman

Matius Alfons - detikNews
Wagub: Papua Barat Kondusif dan Aman Wakil Gubernur Papua Barat Muhammad Lakotani. (Alfons/detikcom)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Jakarta - Wakil Gubernur Papua Barat Muhammad Lakotani menegaskan situasi di wilayahnya sudah aman dan kondusif. Upaya persuasif terus dilakukan kepada para tokoh agama dan masyarakat.

"Jadi ini Papua Barat secara umum itu aman, kalian ambil indikator ini 3 hari ada ribut-ribut terus ambil indikator (tidak aman) itu tidak bisa, ada insiden kecil 3 hari ini dan sebetulnya kalau di Manokwari hanya 1 hari. Itu dari sisi keamanan, jadi saya ingin bilang kepada semua bahwa Papua Barat itu sangat kondusif, sangat aman," kata Lakotani kepada wartawan di Alun-alun Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).


Lakotani tidak memungkiri adanya insiden di Papua Barat lantaran ada pihak yang merasa sakit hati. Namun situasi dua hari ini disebutnya kondusif.

"Kalau ada insiden kemarin itu dalam rangka menyikapi atau karena penyikapan yang mungkin karena menyentuh perasaan, persoalan-persoalan harga diri dan lain-lain, sehingga kemudian reaksinya agak berlebihan tapi berangsur hanya dalam dua hari inilah kira-kira suasana kembali kondusif," ucapnya.

Selain itu, Lakotani mengungkap upaya persuasif terus dilakukan di seluruh daerah, khususnya Manokwari, Fakfak, dan Sorong. Ia meminta Bupati dan Wali Kota terus berkomunikasi ke pemuka agama dan masyarakat.

"Kami sudah lakukan langkah persuasif dengan semua pihak untuk beri dukungan, kami minta kepada Bupati dan Wali Kota untuk terus komunikasi dengan semua pemuka agama dan semua pemuka masyarakat, pemuda, dan sebagainya untuk pastikan situasi kondusif sehingga aktivitas terus berlangsung," ujarnya.


Dia juga memastikan seluruh masyarakat bisa melanjutkan aktivitas di Papua Barat setelah kerusuhan terjadi.

"Papua Barat aman, kita pastikan semua aktivitas di Papua Barat pertanian dan perkebunan kakao ini berjalan lancar tanpa gangguan apa pun," ujar Lakotani.




Tonton Video Polisi: Situasi di Mimika Sudah Pulih Total:

[Gambas:Video 20detik]


(maa/idh)


FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com