detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 13:25 WIB

JK: Dakwah Harus Damai, Jadikan Negeri Rahmatan Lil Alamin

Lisye Sri Rahayu - detikNews
JK: Dakwah Harus Damai, Jadikan Negeri Rahmatan Lil Alamin Wapres Jusuf Kalla (Foto: Lisye/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) mengimbau para ulama agar menciptakan suasana damai dalam berdakwah. JK mengingatkan Indonesia memiliki beragam kepercayaan, tapi tidak boleh menyalahkan satu sama lain.

"Dengan dakwah seperti itu. Dengan dakwah memang harus damai, tidak ada dakwah yang menyebabkan perselisihan dan menyebabkan berbeda pandangan. Kita boleh berbeda sikap tapi kita tidak boleh saling menyalahkan satu sama lain," ujar JK di Masjid Istiqlal, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).



JK mengingatkan kepada para pemuka agama untuk menyampaikan pesan damai dalam berdakwah. Ia juga mengimbau agar selalu menciptakan suasana sejuk.

"Kemarin saya sudah sampaikan dakwah juga harus damai. Harus menjadikan seluruh negeri ini rahmatan lilalamin (rahmat bagi semesta)," ucap JK.



JK mengatakan, perbedaan merupakan sesuatu yang wajar. Semua agama memang berbicara tentang keyakinannya, namun ia kembali mengingatkan hati-hati dalam berdakwah.

"Boleh pasti berbeda tidak mungkin sama, pasti berbeda, memang yang kemarin itu momennya bagaimana? Momennya di mana, otomatis memang masing-masing orang berbicara pasti bicara tentang keyakinannya. Tidak mungkin sama, cuma bagaimana dakwah itu selain itu jangan jadi melebar. Jangan sering tabrakan," kata JK.



Tonton juga video Terkait Insiden Papua, JK Minta Semua Pihak Menahan Diri dan Menghargai:

[Gambas:Video 20detik]


(lir/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com