detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 16:49 WIB

3 Poin Klarifikasi Ustaz Somad Soal Video Salib Sebelum ke MUI

Tim detikcom - detikNews
3 Poin Klarifikasi Ustaz Somad Soal Video Salib Sebelum ke MUI Ustaz Abdul Somad/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Ustaz Abdul Somad sore ini bertandang ke MUI guna mengklarifikasi mengenai video tentang salib yang mendadak viral akhir-akhir ini. Sebelum bertemu dengan MUI, Somad sudah memberikan klarifikasi mengenai ceramahnya itu.

Penjelasan UAS melalui pengajian yang diunggah diunggah oleh akun Youtube FSRMM TV pada Minggu (18/8/2019). Video tersebut berjudul 'Klarifikasi Tentang Anggapan Ustadz Abdul Somad Menghina Kristen / Menghina Salib'.



1. Ceramah 3 Tahun Lalu, Jawab Pertanyaan Jemaah

UAS menjelaskan penjelasannya mengenai salib merupakan pertanyaan dari jemaah, bukan tema acara. Dia menyebut lokasi pengajian saat itu berada di Pekanbaru, Riau.

"Pengajian itu lebih 3 tahun lalu. Sudah lama, di kajian subuh Sabtu, di Masjid Annur, Pekanbaru. Karena rutin pengajian di sana, satu jam pengajian dilanjutkan diteruskan dengan tanya jawab, tanya jawab," kata UAS.

2. Ceramah dalam Forum Tertutup

UAS menegaskan pengajiannya dilakukan dalam forum tertutup. Pihaknya mengaku apa yang diucapkan untuk internal jemaah yang semuanya umat Islam.

"Itu pengajian di dalam masjid tertutup, bukan di stadion, bukan di lapangan sepak bola. Bukan di TV tapi untuk intern umat Islam menjelaskan pertanyaan umat Islam mengenai patung dan tentang kedudukan Nabi Isa. Untuk orang Islam dalam sunah Nabi Muhammad," jelas UAS.

3. Heran Ada yang Viralkan Akhir-akhir Ini

UAS heran video tersebut baru diviralkan baru-baru ini. Dia menegaskan tidak akan lari bila video itu dipersoalkan.

"Kenapa diviralkan sekarang, kenapa dituntut sekarang? Saya serahkan kepada Allah SWT. Sebagai warga yang baik saya tidak akan lari, saya tidak akan mengadu. Saya tidak akan takut, karena saya tidak merasa bersalah, saya tidak pula merusak persatuan dan kesatuan bangsa," tuturnya.




Tonton Video Diundang Klarifikasi Ceramah Salib, UAS Sambangi Kantor MUI:

[Gambas:Video 20detik]


(fjp/tor)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com