detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 19:38 WIB

Normalisasi Ciliwung Sepanjang 1,5 Km Dilakukan Tahun 2020

Arief Ikhsanudin - detikNews
Normalisasi Ciliwung Sepanjang 1,5 Km Dilakukan Tahun 2020 Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane, menyebut normalisasi akan dilakukan sepanjang 1,5 km di Ciliwung. Program itu akan dilakukan pada tahun 2020.

"Tahun depan BBWS Ciliwung Cisadane, 2020 sudah memprogramkan normalisasi Sungai Ciliwung sepanjang 1,5 km, berdasarkan hasil pembebasan lahan yang dilakukan Pemprov DKI, lokasi Pejaten Timur (Jakarta Selatan)," ujar Kepala BBWS Ciliwung-Cisadane, Bambang Hidayat, saat dihubungi, Selasa (20/8/2019).

Bambang sedang menyusun konsep normalisasi di Pejaten Timur. Apakah akan melakukan pemasangan sheet pile beton atau konsep naturalisasi tanpa sheet pile.





"Maksudnya, kami sedang melakukan rencananya. Kalau space-nya lebar nanti kita buat naturalisasi, tapi kalau space-nya kecil ya apa boleh buat kita sheetpile lagi," terangnya.

BBWS Ciliwung-Cisadane sedang menghitung-hitung anggaran. rencana anggaran itu nanti diserahkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Kebetulan kita kan sheetpile-nya sudah ada di lapangan kan. Jadi ya biaya pemancangan saja yang kami ajukan, paling sebesar sekitar antara Rp 25 miliar sampai Rp 30 miliar lah paling gede," ujar Bambang.

Bambang menyebut, program normalisasi kali Ciliwung masih jauh dari target. "Dari rencana 73 kilometer, sudah 16 kilometer yang dinormalisasi," kata Bambang.




Tonton Video Dear Anies, BNPB Dorong Normalisasi Ciliwung Dilanjutkan:

[Gambas:Video 20detik]


(aik/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com