detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 13:13 WIB

Mendagri: Situasi di Manokwari Sudah Kondusif

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Mendagri: Situasi di Manokwari Sudah Kondusif Mendagri Tjahjo Kumolo (Fida/detikcom)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, memastikan situasi pascarusuh di Manokwari, Papua Barat, serta wilayah Papua lainnya sudah kondusif. Tjahjo meminta Gubernur Papua dan Gubernur Papua Barat tidak meninggalkan daerahnya.

"Sudah kondusif, nggak ada masalah," kata Tjahjo di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).



Tjahjo berencana mempertemukan Gubernur Papua, Gubernur Papua Barat, dan Gubernur Jawa Timur. Namun, dalam waktu dekat, Gubernur Papua dan Gubernur Papua Barat diminta tetap berada di wilayahnya.

"Sekarang menyelesaikan permasalahan di daerah dulu gubernur untuk tidak meninggalkan daerah dulu. Kalau sudah kondusif, silakan mau ketemu dengan Gubernur Jatim," jelas Tjahjo.

Dampak Kerusakan di Manokwari Pascakerusuhan / Dampak Kerusakan di Manokwari Pascakerusuhan. (Foto: Antara Foto)




Tjahjo menuturkan mahasiswa Papua yang berada di Malang dan Surabaya akan dilibatkan. Terkait waktu, Tjahjo menyerahkannya ke masing-masing gubernur.

"Nanti kita usulkan diundang Pak Menkopolhukam, Pak Kapolri. Kemudian Gubernur Papua Barat sekaligus Gubernur Papua ketemu dengan mahasiswa di Malang, Surabaya. Soal waktunya terserah Gubernur Papua dan Jatim kapan," tuturnya.


Simak Video "Saksi Mata Cerita Detik-detik Bentrokan di Asrama Papua"

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/imk)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com