detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 02:31 WIB

Police Movie Festival Digelar Lagi, Polri: Kami Ingin Dapat Cinta Warga

Audrey Santoso - detikNews
Police Movie Festival Digelar Lagi, Polri: Kami Ingin Dapat Cinta Warga Police Movie Festival (Dok Polri)
Jakarta - Divisi Humas Polri kembali menggelar Police Movie Festival, sebuah ajang kompetisi di bidang perfilman yang digagas untuk para sineas muda. Polri mengatakan kompetisi ini bertujuan untuk mendapatkan cinta dan perhatian dari masyarakat.

"Kami ingin dapat rasa cinta, kami ingin kepercayaan masyarakat terhadap polisi terus meningkat lewat bidang perfilman ini," kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal dalam konferensi pers di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Senin (19/8/2019).



Ini adalah kali keenam Police Movie Festival digelar. Divisi Humas Polri mengusung tema 'Together We Are Strong'. Sineas berbakat diharapkan dapat berpartisipasi, memeriahkan festival film ini.

"Program film pendek dan animasi. Dengan program itu, masyarakat bisa melihat secara utuh kehidupan polisi yang tak muncul di permukaan," ujar Iqbal.

Iqbal mengatakan Polri masih diidentikan dengan sosok penegak hukum yang membawa senjata di mata masyarakat. Namun lewat festival film ini Iqbal berharap penilaian masyarakat tentang sosok polisi berubah menjadi lebih humanis.



"Dengan program ini, diharapkan kesan sangar itu gugur sekaligus menciptakan gambaran humanis, di mana kepolisian bisa menjadi sahabat bagi masyarakat," tutur Iqbal.

"Cinta masyarakat terhadap kepolisian jadi gol kami, bagaimana kepolisian masa depan akan tampil semakin sipil, walaupun masyarakat tahu, polisi dipersenjatai," lanjut dia.

Iqbal mengungkapkan melalui program-program yang melibatkan masyarakat luas, Polri sekaligus berharap mendapat restu dari masyarakat untuk memelihara keamanan dan ketertiban dengam cara humanis.

Dalam festival film ini, Polri melibatkan dewan juri dari kalangam profesional seperti sutradara Monty Tiwa; animator sekaligus pendiri Hellomotion, Wahyu Aditya dan Chicco Jerikho; serta aktor Rio Dewanto dan aktris Prilly Latuconsina.

"Ada dua kategori film yang diperlombakan, yaitu film pendek serta animasi dengan batas waktu yang ditentukan. Pada kategori film pendek, maksimal durasi lima menit sampai tujuh menit. Sedangkan film animasi tiga menit," jelas Iqbal.

Para Sineas yang ingin berpartisipasi bisa mendaftar lewat www.policemoviefestival.com. Batas akhir pengumpulan karya ini sampai 1 Oktober 2019.

"Hadiah yang ditawari mencapai Rp 150 juta," tutup Iqbal.



(aud/dnu)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com