detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 00:29 WIB

Polda Jatim Usut Penyebar Video Hoax Rusuh di Surabaya Terkait Papua

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Polda Jatim Usut Penyebar Video Hoax Rusuh di Surabaya Terkait Papua Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Polda Jawa Timur (Jatim) memastikan akan mengusut penyebar video hoax kericuhan dan pengusiran warga Papua di Surabaya. Terkait penyelidikan tersebut, Polda Jatim telah berkoordinasi dengan Mabes Polri dan Menkominfo.

"Nah untuk video hoax kita sudah koordinasi dengan Mabes Polri dari Menkominfo juga, sehingga akan kita take down dan cyber patrol. Kita juga mencari berita-berita tidak benar, dari humas akan menyampaikan merilis bahwa berita ini bohong, ini bohong," kata Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan di rumah dinasnya, Jalan Bengawan, Surabaya, Senin (19/8/2019).




Saat ini, Polda Jatim tengah menyelidiki oknum-oknum yang menyerukan kata-kata rasis. Luki menyebut juga akan berkomunikasi dengan instansi terkait.

"Ini kita lagi selidiki dan sudah kita komunikasikan berita-berita ini dan kita ada pihak-pihak yang memang kita akan komunikasikan dengan instansi terkait," jelasnya.

Polisi meminta masyarakat agar tidak termudah terprovokasi. Masyarakat juga diminta menyaring dan memastikan lebih dahulu sebelum membagikan informasi ke media sosial.
(zak/zak)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com