detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 15:22 WIB

Mobil Ikut Dirusak, Bandara Sorong Kondusif Pasca-diserang Massa

Ferdinan - detikNews
Mobil Ikut Dirusak, Bandara Sorong Kondusif Pasca-diserang Massa Ilustrasi Bandara Sorong
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Sorong - Massa yang merangsek Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, Papua Barat, juga merusak mobil di area parkir. Massa juga memecahkan kaca-kaca terminal Bandara Sorong.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Polana B Pramesti memastikan kondisi di Bandara Sorong sudah dapat dikendalikan.

"Petugas gabungan telah melakukan langkah cepat dengan melakukan pengamanan dan pengendalian di Bandar Udara DEO Sorong, meski sebelumnya sekelompok massa sempat memasuki wilayah parkir kendaraan dan merusak fasilitas terminal," demikian keterangan tertulisnya, Senin (19/8/2019).


Polana mengimbau seluruh Unit Penyelenggara Bandara dan Otoritas Bandara (OBU) agar terus meningkatkan pengawasan keamanan ke berkoordinasi dengan TNI/Polri.

"Diimbau kepada seluruh petugas bandara wajib memastikan keamanan dan keselamatan bandar udara dan penumpang, serta terus berkoordinasi dengan aparat keamanan," ujar dia.

Dari keterangan tertulis Kemenhub dipaparkan, massa datang ke Bandara DEO Sorong sekitar pukul 15.05 WIT. Massa merusak kendaraan yang terparkir serta merusak beberapa fasilitas di bandara.


Aparat keamanan dan petugas bandara berhasil mengamankan dan mengendalikan situasi menjadi kondusif.

Pada pukul 16.06 WIT, maskapai Sriwijaya Rute Sorong-Makassar telah memberangkatkan penumpang menuju Makassar. Beberapa penerbangan maskapai menuju Sorong ditunda untuk sementara dengan alasan keamanan.



Gubernur Papua Barat Minta Polisi Proses Pelaku Perusakan di Manokwari:

[Gambas:Video 20detik]
(fdn/fjp)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com