detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 12:36 WIB

Siapkan Personel Tambahan, Kapolri Pastikan Manokwari Sudah Kondusif

Hilda Meilisa - detikNews
Siapkan Personel Tambahan, Kapolri Pastikan Manokwari Sudah Kondusif Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Lamhot Aritonang/detikcom)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Surabaya - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan kondisi Manokwari, Papua Barat, sudah kondusif. Massa pengunjuk rasa membuat kerusuhan dengan memblokade jalan dan membakar gedung DPRD dan eks kantor Gubernur Papua.

"Situasi kondusif kalau perlu personel tambahan kita akan kirim dari daerah terdekat, tapi kita lihat situasi," kata Tito kepada wartawan di Surabaya, Jatim, Senin (19/8/2019).

Kerusuhan di Manokwari, disebut Tito, diduga dipicu kejadian terkait mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jatim, pada akhir pekan lalu. Selain di Manokwari, massa di Jayapura juga menggelar long march ke kantor Gubernur Papua.


"Jadi saya meminta saudara-saudara kita di Papua, jangan terpancing berita tidak benar," katanya.

Sementara di Jayapura, massa berkumpul di tiga titik, yakni Waena, Abepura, dan Jalan Dok 9. Polisi mengawal massa yang long march ke kantor gubernur Papua.

"Situasi kondusif. Kita sudah lakukan komunikasi dengan koordinator lapangan, mereka sudah dalam perjalanan ke kantor gubernur," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal saat dimintai konfirmasi terpisah.



Unjuk Rasa di Manokwari Rusak dan Bakar Fasilitas Umum:

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/tor)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com