detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 12:09 WIB

Wiranto Akan Rapat Bersama Mendagri Bahas Situasi Terkini Papua

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Wiranto Akan Rapat Bersama Mendagri Bahas Situasi Terkini Papua Menko Polhukam Wiranto (Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto akan mengadakan rapat bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Diagendakan rapat akan membahas situasi terkini Kamtibmas di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Berdasarkan agenda yang diperoleh rapat akan digelar di Ruang Rapat Bima, Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat No 15, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019) pukul 12.00 WIB.

Sedangkan rapat akan membahas situasi terbaru Kamtibmas di Provinsi Papua dan Papua Barat. Sementara itu, belum diketahui tokoh lain yang akan menghadiri rapat tersebut.


Diberitakan sebelumnya, massa melakukan aksi untuk memprotes insiden kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya di Manokwari, Papua. Demonstrasi berujung rusuh membuat jalan-jalan di Manokwari diblokade massa.

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan demonstran merusak bangunan DPRD dan eks kantor gubernur Papua Barat. Negosiasi masih dilakukan dengan para pengunjuk rasa. Dedi menyebut 3 polisi terluka saat upaya negosiasi. Karena itu, aparat lebih dulu ditarik mundur untuk menenangkan massa.


"Dari kepolisian 3 orang korban: satu luka Karoops, dua anggota. Saat negosiasi wagub, pangdam, ada provokasi lemparan batu," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan.



Viral Video Pejabat Papua Sebut Papua Tanah Kedua Israel:

[Gambas:Video 20detik]


(lir/rvk)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com