detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 02:24 WIB

WNI di Washington Tetap Antusias Ikut Upacara HUT ke-74 RI Meski Cuaca Panas

Arief Ikhsanudin - detikNews
WNI di Washington Tetap Antusias Ikut Upacara HUT ke-74 RI Meski Cuaca Panas Foto: dok. KBRI Washington-Amerika Serikat
Jakarta - Ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Diaspora Indonesia memperingati HUT ke 74 RI di Washington DC, Amerika Serikat. Mereka melangsungkan upacara di tengah cuaca panas sampai 36 derajat celsius.

Dalam upacara itu, Inspektur Upacara adalah Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Mahendra Siregar. Sedangkan Komandan Upacaranya adalah Mayor Marinir Arif Bastian Sanusi, Perwira TNI Angkatan Laut yang saat ini tengah menempuh pendidikan militer di Marine Corps University, Command and Staff College di Quantico, Virginia.

"Membanggakan. Meskipun dalam cuaca sangat panas, semuanya tetap bersemangat untuk ikut upacara sampai selesai," ujar Dubes Mahendra, dalam keterangannya, Minggu (18/8/2019).

Paskibra dan Aubade Anak tahun ini bukan hanya mahasiswa dan pelajar asal Indonesia tetapi juga anak dari Diaspora Indonesia yang lahir dan besar di Amerika Serikat. Hal tersebut juga untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan memperkuat wawasan kebangsaan anak-anak Diaspora Indonesia.

"Hal yang sangat spesial melihat aubade anak-anak, Paskibra, maupun para petugas upacara menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Saya sangat mengapresiasi semangat dan kerja keras mereka berlatih selama kurang lebih dua bulan belakangan ini. Semoga ini terus memupuk semangat cinta tanah air mereka," ucap Dubes Mahendra.

Salah satu anggota Paskibra, Dimas merasa bangga menjadi bagian dari peringatan HUT RI. Dia selalu menjadi ambil bagian menjadi anggota Paskibra.

"Tidak semua orang bisa dapat kesempatan ini. Saya sangat bangga! Sejak saya kecil, saya tidak pernah absen untuk selalu ikut kegiatan 17-an" seru Dimas, yang lahir dan besar di Washington, D.C.

Mahendra menyerahkan penghargaan Satyalencana Karya Satya 20 tahun kepada 3 (tiga) pejabat KBRI yaitu Bhima Dwipayudhanto, Yudho Sasongko, dan Erlang Tjitrawasita. Selain itu, dia juga memberikan penghargaan tahunan Ambassador's Award for Excellence kepada 6 (enam) pelajar dan mahasiswa Indonesia berprestasi di AS.

Selain itu, untuk pertama kali diberikan penghargaan Ambassador's Award For Excellence in Arts and Culture kepada 3 pegiat seni budaya Indonesia atas pengabdian, dedikasi dan capaian yang luar biasa dalam mempromosikan seni budaya Indonesia di Amerika Serikat. Juga diberikan penghargaan kepada 11 kelompok seni budaya Indonesia di Washington, D.C. dan sekitarnya atas upaya dan dedikasi mereka dalam mempromosikan seni budaya Indonesia di AS.
(aik/knv)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com