detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 14:01 WIB

AHY Dukung Program Jokowi Bangun SDM Unggul

Andhika Prasetia - detikNews
AHY Dukung Program Jokowi Bangun SDM Unggul Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Foto: Antara Foto/Wahyu Putro A)
Jakarta - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendukung penuh program Presiden Jokowi untuk membangun SDM unggul. Lewat program ini, Indonesia dinilai semakin mampu bersaing di kancah internasional.

"Pasti (mendukung), karena saya sangat sepakat bahwa pada akhirnya negara ini bisa hebat dan maju tadi, jika SDM-nya dipersiapkan dengan baik. Kita punya bonus demografi, generasi muda kita juga tebal jumlahnya, banyak. Maka tidak ada cara lain selain mempersiapkan mereka dengan berbagai kemampuan termasuk kapasitas untuk menghadapi berbagai tantangan dan peluang di abad 21, khususnya dalam menghadapi revolusi industri gelombang keempat," ujar AHY di kompleks Istana, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Lewat program SDM unggul, AHY berharap masyarakat, juga generasi muda, memiliki kehidupan yang berkualitas dan berdaya saing.





"Kita ingin Indonesia maju tentunya tidak hanya sekadar menjadi tuan rumah di negeri sendiri, tapi juga menjadi global player. Pemain global sebagai aktor yang penting dalam percaturan dunia hanya bisa dilakukan jika Indonesia diawaki oleh generasi yang memiliki berbagai keunggulan. Jadi saya sangat mendukung upaya negara, pemerintah, dalam meningkatkan kualitas Indonesia," sambungnya.

Pemerintah mengangkat tema 'SDM Unggul Indonesia Maju' di HUT ke-74 RI. Presiden Jokowi menyebut tema tersebut diambil karena menjadi konsentrasi pembangunan Tanah Air lima tahun ke depan.

"Sudah kita sampaikan bahwa dalam periode yang kedua ini 5 tahun ke depan kita akan fokus, konsentrasi ke pembangunan manusia, pembangunan SDM, pembangunan sumber daya manusia, di mana dimulai dari bayi di dalam kandungan yang harus bagus nutrisinya, bagus gizinya, begitu lahir dan juga memperhatikan berkaitan dengan gizi dan nutrisi," kata Jokowi di Istana Merdeka.

Jokowi mengatakan pentingnya pembangunan karakter sejak dini. Ditanamkannya budi pekerti juga dianggap penting karena berkaitan dengan tanggung jawab dalam budaya kerja keras yang mandiri.


Jokowi di HUT RI: Fokus ke SDM, Budi Pekerti Penting
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com