detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 11:27 WIB

Tim Manggala Agni Upacara HUT Ke-74 RI di Lokasi Karhutla Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Tim Manggala Agni Upacara HUT Ke-74 RI di Lokasi Karhutla Riau Tim Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Pekanbaru melaksanakan upacara hari kemerdekaan di lokasi kebakaran hutan dan lahan di Riau (Dok Istimewa)
Pekanbaru - Tim Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Pekanbaru melaksanakan upacara hari kemerdekaan di lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Lokasinya di Kabupaten Kampar, Riau.

Tim Manggala Agni Pekanbaru menggelar upacara 17 Agustus 2019 di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Regu tangguh pemadam Karhutla ini memilih tempat pelaksanaan upacara di lokasi karhutla, yang sudah berhasil mereka padamkan.
Lokasi upacara ini merupakan lahan gambut yang acap kali terjadi kebakaran. Tanah semak belukar dan sejumlah pohon yang mengering sisa kebakaran jadi pemandangan tersendiri dalam upacara ini.

Di area bekas kebakaran inilah mereka mengibarkan sang Merah Putih secara khidmat. Ada tiga orang dari tim Manggala Agni yang bertugas membawa sekaligus mengibarkan Merah Putih di atas tiang dari batang kayu itu.
Peserta upacara tim Manggala Agni berjumlah 30 orang dengan seragam merahnya. Walau tak banyak yang menyaksikan pelaksanaan ini, semangat terlihat berkobar di tim tersebut.

Inspektur upacara (irup) dipimpin langsung Danops Manggala Agni Pekanbaru Edwin Putra. Hadir juga dalam pelaksanaan upacara sejumlah personel TNI/Polri yang tergabung dalam Satgas Karhutla.

Sebagai irup, Edwin meneruskan pesan dari Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar. "Bahwa semua kita harus siap, ini adalah (pemadaman) ladang perjuangan kita, ini adalah medan pertempuran kita. Jangan pernah patah semangat, jangan pernah kendur," kata Edwin.
Dia mengatakan tim Manggala Agni tidak punya waktu longgar selama api masih berada di wilayah tugas mereka.

"Pada rekan-rekan tetap jaga kesehatan, jaga keselamatan, jaga kekompakan tim. Tanamkan jiwa nasionalisme di dada kita," kata Edwin.

Menurutnya, timnya tetap bertekad dalam waktu singkat kejadian kebakaran yang masih di hutan Riau bisa segera diatasi. "Pemadaman bisa kita atasi tentunya bersama stakeholder di wilayah kita. Baik itu TNI/Polri, BPBD, Satgas, perusahaan dan tentunya masyarakat yang kita libatkan upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan, tetap semangat dan merdeka," kata Edwin.
(cha/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com