detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 08:26 WIB

Disebut Berpeluang Masuk Paket Pimpinan MPR Jokowi, Ini Kata Gerindra

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Disebut Berpeluang Masuk Paket Pimpinan MPR Jokowi, Ini Kata Gerindra Foto: Sodik Mujahid. (Tsarina Maharani/detikcom).
Jakarta - PKB menyebut Partai Gerindra memiliki peluang untuk masuk ke paket pimpinan MPR koalisi Joko Widodo (Jokowi). Gerindra menyambut baik kemungkinan tersebut.

"Ya menyambut baik. Ini untuk kepentingan bangsa yang lebih besar dan ini wujud nyata dari kesatuan dan persatuan bangsa," kata Ketua DPP Gerindra Sodik Mujahid kepada wartawan, Jumat (16/8/2019) malam.

Sodik berpendapat pengisian kursi pimpinan MPR harus dijauhkan dari friksi kepartaian. Menurutnya, pimpinan MPR memiliki tugas yang lebih fundamental sehingga diperlukan sikap kenegarawanan.



"Di MPR kita semua, fraksi-fraksi dari partai-partai, berbicara lebih sebagai negarawan bukan sebagai politisi. Karena di MPR kami berbicara hal-hal yang lebih fundamental dan visioner bagi kepentingan bangsa. Itulah yang telah dilakukan oleh Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding dan juga Sekjen PPP Asrul Sani baru-baru ini, serta sebelumnya oleh beberapa petinggi partai PDIP tentang kemungkinan koalisi bersama Gerindra dalam penetapan pimpinan MPR," ujarnya.

Dia juga optimis sikap serupa akan ditunjukkan partai lain dalam pembahasan pimpinan MPR. Selain itu, Sodik juga meyakini bahwa Jokowi bakal mengambil keputusan tepat dalam menentukan pimpinan MPR.

"Semangat ini saya yakin, insyaallah akan diikuti oleh partai-partai lain pengusung Presiden Jokowi. Dan saya lebih yakin Presiden Jokowi akan lebih negarawan dalam melihat masalah pimpinan MPR ini. Inilah yang saya katakan jauh-jauh sebelumnya (dengan) indahnya NKRI," ucap Sodik.

Sebelumnya, PKB menyatakan ada partai-partai pengusung Jokowi-Ma'ruf Amin yang merasa cukup tanpa adanya penambahan dalam koalisi. Namun, PKB menyebut semua tergantung pada Jokowi dan menyatakan masih ada kemungkinan Gerindra bergabung dalam paket pimpinan MPR.

"Ada lah (kemungkinan Gerindra masuk koalisi). Kalau di MPR ada," kata Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).


Wacana Hidupkan GBHN, Gerindra: Jangan Jadi Pintu Presiden Dipilih MPR:


(abw/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com