detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 11:09 WIB

Terkait TPPU, KPK Periksa Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo

Faiq Hidayat - detikNews
Terkait TPPU, KPK Periksa Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo Emirsyah Satar (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Penyidik KPK mengagendakan pemeriksaan terhadap Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo. Dua orang itu bakal diperiksa soal sangkaan pencucian uang yang dikenakan padanya.

"ESA (Emirsyah Satar) dan SS (Soetikno Soedarjo) diperiksa sebagai tersangka kasus TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang)," ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (16/8/2019).




Emirsyah dan Soetikno baru saja ditahan KPK pada Rabu, 7 Agustus kemarin. Emirsyah merupakan mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia, sedangkan Soetikno dikenal sebagai pengusaha pemilik MRA (Mugi Rekso Abadi) Group, perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan, ritel, majalah, dan perusahaan otomotif.

Namun sebelum sangkaan pencucian uang, Emirsyah dan Soetikno lebih dulu dijerat KPK terkait dugaan suap-menyuap untuk pengadaan pesawat dan mesin pesawat. Untuk sangkaan itu, Soetikno disebut KPK dijerat dalam kapasitasnya sebagai pemilik keuntungan atau beneficial owner Connaught International Pte Ltd.




Dalam perkembangannya Emirsyah dan Soetikno dijerat dengan sangkaan pencucian uang. Selain itu KPK juga menjerat Hadinoto Soedigno sebagai Direktur Teknik dan Pengelolaan Armada PT Garuda Indonesia periode 2007-2012 sebagai tersangka pencucian uang tersebut.

Sangkaan pencucian uang itu ditelisik KPK dari sejumlah temuan baru di antaranya soal pemberian uang dari Soetikno ke Emirsyah dan Hadinoto untuk membayar sejumlah aset seperti rumah hingga mengirimkan uang ke rekening di luar negeri.



Tonton video Pasca Digeledah KPK, Mentan Amran Copot Pejabat Eselon II-IV:

[Gambas:Video 20detik]


(fai/dhn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com