detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 17:35 WIB

Usai Evaluasi, Kemenpora Putuskan Paskibraka Putri 2019 Tetap Pakai Rok

Tim detikcom - detikNews
Usai Evaluasi, Kemenpora Putuskan Paskibraka Putri 2019 Tetap Pakai Rok 68 anggota paskibraka untuk HUT ke-74 RI dikukuhkan di Istana Negara (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Wacana agar paskibraka putri menggunakan celana panjang akhirnya dipastikan batal. Kemenpora memutuskan paskibraka putri akan menggunakan rok panjang.

"Akhirnya, 2 Agustus diputuskan untuk penggunaan rok panjang, untuk seragam paskibraka putri, lima cm di bawah lutut plus kaos kaki, seperti 2018," kata Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Asrorun Ni'am Sholeh lewat keterangan tertulis yang diterima, Kamis (15/8/2019).


Dia mengatakan wacana awal paskibraka putri mengenakan celana panjang berawal dari evaluasi 2018. Berdasarkan peraturan yang ada, seragam paskibraka putri punya dua pilihan yakni antara menggunakan rok atau celana panjang.

"Ada aturan baru terkait seragam, Perpres 71/2018, Perkapolri, Permenhan, dan PerpangTNI. Intinya, seragam putri dimungkinkan gunakan rok atau celana panjang," kata Niam.

Menurutnya, fleksibilitas memilih seragam putri ini sebagai cermin keberagaman. Setelah itu dilakukan simulasi paskibraka putri mengenakan celana panjang.


Hingga akhirnya wacana paskibraka putri memakai celana panjang dibatalkan.

"Ketentuan baru ini memberikan alternatif, lebih memunculkan fleksibilitas untuk memilih, karena disediakan pilihan. Ini juga merupakan cermin penegasan akan keberagaman. Atas dasar itu maka dilakukan simulasi, koordinasi, hingga finalisasi, terkait seragam yang akan digunakan pada 2019. Rapat-rapat dilaksanakan," ucapnya.

"Pengukuran seragam juga mengantisipasi terhadap kemugkinan seragam mana yang diputuskan, dengan dua alternatif tersebut. Simultan dengan pelaksanaan pelatihan," tambahnya.



Tonton video KPAI Minta Walkot Tangsel Tanggung Jawab Atas Kematian Paskibra AQ:

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/fjp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com