detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 14:41 WIB

Duet KPK-Pemprov Sulsel: Aset Rp 3,2 Triliun Berhasil Diselamatkan

Haris Fadhil - detikNews
Duet KPK-Pemprov Sulsel: Aset Rp 3,2 Triliun Berhasil Diselamatkan Ilustrasi Gedung KPK (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - KPK bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk penyelamatan aset. Hasilnya, tim mencegah kehilangan aset senilai Rp 3,21 triliun.

"KPK bersama pemerintah Sulawesi Selatan melakukan koordinasi untuk mencegah kehilangan aset dengan total nilai Rp 3,21 triliun," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (15/8/2019).

Dia menyebut aset Rp 3,21 triliun itu terdiri atas empat sektor, yakni pendidikan Rp 2,8 triliun, kelautan dan perikanan Rp 324, 93 miliar, perhubungan Rp 49,85 miliar, serta kehutanan Rp 36,55 miliar.


"Bentuk-bentuk aset daerah yang teridentifikasi di antaranya berupa tanah, mesin, bangunan gedung, jalan, irigasi, dan aset tetap lainnya," ujar Febri.

Febri menyebut aset-aset tersebut berasal dari 24 kabupaten/kota. Setelah teridentifikasi, aset itu dialihkan pada Pemprov sesuai dengan regulasi dari pemerintah pusat.

"KPK memandang, jika sejak awal pemetaan aset dan data-data administratif tidak segera dirapikan, maka terdapat risiko kehilangan aset dan penguasaan oleh pihak lain sebagaimana temuan yang pernah ada di daerah lain," katanya.

Tak cuma penyelamatan aset, Febri mengatakan KPK bersama Pemprov Sulsel juga melakukan penagihan tunggakan pajak sekitar Rp 9 miliar dari sejumlah hotel di Sulsel. Antara lain dari Hotel Rinra senilai Rp 6 miliar ditambah denda 25 persen selama 12 bulan, Hotel Hopper dengan tunggakan 2 bulan sebesar total Rp 500 juta, dan Hotel Singgasana dengan tunggakan 5 bulan total Rp 680 juta.

"KPK berharap sinergi dengan kepala daerah dan jajaran di Provinsi Sulawesi Selatan serta kabupaten/kota di sana terus berlanjut sehingga tidak ada lagi penyalahgunaan aset yang dapat merugikan keuangan daerah," pungkasnya.
(haf/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com