detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 14:36 WIB

KKB di Papua yang Tewaskan Briptu Hedar Tersebar di Beberapa Distrik

abw - detikNews
KKB di Papua yang Tewaskan Briptu Hedar Tersebar di Beberapa Distrik Brigjen Dedi Prasetyo (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Jakarta - Polri sudah mengidentifikasi kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menewaskan Briptu Hedar di Kabupaten Puncak, Papua. Saat ini Polri sedang memetakan jaringan kelompok tersebut.

"Sudah (diidentifikasi). Nanti saya kasih denahnya, saya lagi buat denahnya. Kelompok tersebut, jaringannya, kemudian pimpinannya," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Grandkemang, Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).


Dedi mengatakan kelompok bersenjata di Papua melakukan operasi dengan membentuk kelompok gabungan (pokgab). Mereka juga dipimpin oleh sub-komandan di tiap wilayah.

"Di beberapa distrik, beberapa wilayah, dia punya pokgab masing-masing. Pokgab itu yang bertanggung jawab di wilayah itu, dan dia memiliki sub-sub komandan-komandan juga yang ikut beroperasi di wilayah-wilayah tersebut," ujarnya.


Seperti diketahui, Briptu Hedar gugur setelah disergap dan ditembak kelompok bersenjata di Distrik Usir, Kabupaten Puncak, Papua. Hedar tewas akibat luka tembak di kepala.

Sebelum disergap, Hedar dan rekannya, Bripka Alfonso, sedang melakukan penyelidikan dengan cara menyamar. Saat Hedar disergap, Alfonso berhasil melarikan diri dan melaporkan kejadian itu ke Polres setempat.
(abw/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed